Unigal Repository

ANALISIS SALURAN PEMASARAN SELADA HIDROPONIK

Show simple item record

dc.contributor.author Salapudin, Asep Sahlan
dc.date.accessioned 2024-09-14T06:24:38Z
dc.date.available 2024-09-14T06:24:38Z
dc.date.issued 2024-09-14
dc.identifier.other Asep Sahlan Salapudin
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/5481
dc.description.abstract Saluran pemasaran memiliki peranan penting dalam keberhasilan pemasaran. Saluran pemasaran dan bagian harga (Farmer’s share) menjadi salah satu faktor yang menentukan keberlanjutan usaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Saluran pemasaran yang ada pada Kelompok Tani Arurang Farm ; (2) Biaya pemasaran, keuntungan, dan margin pemasaran selada hidroponik ; (3) Farmer’s Share yang diterima Kelompok Tani Arurang Farm. Jenis penelitian yang digunakan adalah Deskriptif Kualitatif dengan pendekatan Studi Kasus yang penentuan lokasinya dilakukan secara sengaja (Purposive) pada Kelompok Tani Arurang Farm di Desa Sukasetia Kecamtan Cihaurbeuti Kabupaten Ciamis dengan pertimbangan bahwa Kelompok Tani Arurang Farm merupakan satu-satunya Kelompok Tani yang mengusahakan komoditas selada dengan sistem hidroponik. Sampel lembaga pemasaran diambil dengan cara Snowball sampling. Analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif, analisis biaya pemasaran, margin pemasaran, keuntungan pemasaran, dan farmer’s share. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1. Terdapat dua saluran pemasaran selada hidroponik pada Kelompok Tani Arurang Farm yaitu: Kelompok Tani Konsumen Kelompok Tani Pedagang Pengecer Konsumen 2. Harga jual selada pada pola pemasaran I sebesar Rp 20.000 dengan marjin pemasran 0. pada pola pemasaran II untuk pedagang pengecer I harga beli Rp 15.000/Kg, marjin Rp 10.000/Kg, biaya pemasaran Rp 4.400/Kg dan harga jual Rp 25.000/Kg dengan keuntungan Rp 5.600/Kg.dan pada pedagang II harga beli Rp 16.000/Kg, biaya pemasaran Rp.1.300, marjin Rp 9.000/Kg dan harga jual Rp 25.000/Kg dengan keuntungan Rp 7.700/Kg. 3. Farmer’s share yang diterima pada pola pemasaran I 100 persen dan pada pola pemasaran II yaitu pada pedang I 60% dan pedagang II 64%. en_US
dc.description.sponsorship Rochdiani, Dini ; Aziz, Saepul en_US
dc.language.iso en en_US
dc.publisher Fakultas Pertanian en_US
dc.subject Arurang Farm, Pemasaran, Selada Hidroponik en_US
dc.title ANALISIS SALURAN PEMASARAN SELADA HIDROPONIK en_US
dc.title.alternative (Studi Kasus pada Kelompok Tani Arurang Farm di Desa Sukasetia Kecamatan Cihaurbeuti Kabupaten Ciamis) en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account