Unigal Repository

STRATEGI PEMASARAN IKAN LELE DUMBO (Clarias gariepinus) DI KOTA TASIKMALAYA (Studi Kasus pada Pembudidaya Pembesaran Ikan Lele Dumbo di Kelurahan Parakannyasag Kecamatan Indihiang Kota Tasikmalaya)

Show simple item record

dc.contributor.author Aisy, Rifda Rihadatul
dc.date.accessioned 2024-09-14T04:47:47Z
dc.date.available 2024-09-14T04:47:47Z
dc.date.issued 2024-09-14
dc.identifier.other Rifda Rihadatul Aisy
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/5472
dc.description.abstract Beberapa Kabupaten dan Kota di Provinsi Jawa Barat memiliki potensi perikanan, salah satunya yaitu Kota Tasikmalaya dengan total produksi 10.003,31 ton. Banyak jenis usaha budidaya ikan lele yang telah berkembang, salah satunya adalah usaha pembesaran. Kegiatan pemasaran menjadi yang terpenting dalam keberhasilan suatu kegiatan usaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor internal dan eksternal dari pemasaran ikan lele dumbo dan mengetahui strategi pemasaran ikan lele dumbo dengan alat analisis yaitu Analisis SWOT. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan jenis penelitian kualititatif yang merupakan pendekatan penelitian yang mendalam terhadap suatu objek penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan pengambilan data langsung dari responden penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan adalah strategi dengan pendekatan marketing mix yaitu harga, produk, tempat, dan promosi. Dari hasil penelitian melalui perhitungan analisis SWOT menggunakan matriks IFAS dan EFAS skor yang diperoleh untuk factor internal adalah 3,54 dan factor eksternal adalah 3,35 dan diagram SWOT menunjukkan bahwa titik koordinat berada pada posisi kuadran I dengan rekomendasi strategi yyang dapat diterapkan adalah strategi yang agresif yaitu mempertahankan kualitas serta harga yang terjangkau, meningkatkan kualitas dan volume produksi serta memperluas jaringan pemasaran melalui media promosi dengan pemanfaatan teknologi informasi. en_US
dc.description.sponsorship Noor, Trisna Insan ; Aziz, Saepul en_US
dc.language.iso en en_US
dc.publisher Fakultas Pertanian en_US
dc.subject Budidaya Ikan Lele, Faktor Eksternal, Faktor Internal, Strategi en_US
dc.title STRATEGI PEMASARAN IKAN LELE DUMBO (Clarias gariepinus) DI KOTA TASIKMALAYA (Studi Kasus pada Pembudidaya Pembesaran Ikan Lele Dumbo di Kelurahan Parakannyasag Kecamatan Indihiang Kota Tasikmalaya) en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account