Abstract:
Beberapa Kabupaten dan Kota di Provinsi Jawa Barat memiliki potensi perikanan,
salah satunya yaitu Kota Tasikmalaya dengan total produksi 10.003,31 ton. Banyak
jenis usaha budidaya ikan lele yang telah berkembang, salah satunya adalah usaha
pembesaran. Kegiatan pemasaran menjadi yang terpenting dalam keberhasilan
suatu kegiatan usaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor internal dan
eksternal dari pemasaran ikan lele dumbo dan mengetahui strategi pemasaran ikan
lele dumbo dengan alat analisis yaitu Analisis SWOT. Penelitian ini menggunakan
metode studi kasus dengan jenis penelitian kualititatif yang merupakan pendekatan
penelitian yang mendalam terhadap suatu objek penelitian. Teknik pengumpulan
data dilakukan melalui observasi, wawancara dan pengambilan data langsung dari
responden penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan
adalah strategi dengan pendekatan marketing mix yaitu harga, produk, tempat, dan
promosi. Dari hasil penelitian melalui perhitungan analisis SWOT menggunakan
matriks IFAS dan EFAS skor yang diperoleh untuk factor internal adalah 3,54 dan
factor eksternal adalah 3,35 dan diagram SWOT menunjukkan bahwa titik
koordinat berada pada posisi kuadran I dengan rekomendasi strategi yyang dapat
diterapkan adalah strategi yang agresif yaitu mempertahankan kualitas serta harga
yang terjangkau, meningkatkan kualitas dan volume produksi serta memperluas
jaringan pemasaran melalui media promosi dengan pemanfaatan teknologi
informasi.