| dc.contributor.author | Maulidina, Alba | |
| dc.contributor.author | ||
| dc.date.accessioned | 2024-09-13T07:52:11Z | |
| dc.date.available | 2024-09-13T07:52:11Z | |
| dc.date.issued | 2024-09-13 | |
| dc.identifier.other | Alba Maulidina | |
| dc.identifier.uri | http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/5441 | |
| dc.description.abstract | Latar belakang masalah pada penelitian ini adalah berdasarkan hasil wawancara bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis dan self efficacy siswa di salah satu SMP yang berada di Kabupaten Ciamis masih rendah. Dari berbagai literatur, kajian pustaka dan penelitian sebelumnya, diduga bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat membantu siswa dalam memperbaiki kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-efficacy siswa yang masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-efficacy siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimental dengan desain Non-equivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII di salah satu SMP yang berada di Provinsi Jawa Barat, Kabupaten Ciamis. Metode pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Adapun sampel yang diambil sebanyak 2 kelas yaitu kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII A sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan angket self-efficacy. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, serta terdapat perbedaan rata-rata self-efficacy siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-efficacy siswa. | en_US |
| dc.description.sponsorship | Effendi, Adang Sunaryo, Yoni | en_US |
| dc.language.iso | other | en_US |
| dc.subject | Model Pembelajaran Problem Based Learning | en_US |
| dc.subject | Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, | en_US |
| dc.subject | Self-Efficacy Siswa | en_US |
| dc.title | Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self-Efficacy Siswa | en_US |