Unigal Repository

STRATEGI PEMASARAN SALE PISANG BASAH ( Studi Kasus Pada Agroindustri Sale Pisang Basah " Mitra Sale " di Desa Karangpawitan Kecamatan Padaherang Kabupaten Pangandaran )

Show simple item record

dc.contributor.author Adhadiany, Afni Illahiyah
dc.contributor.author ADHADIANY, AFNI ILLAHIYAH
dc.date.accessioned 2024-09-13T06:52:16Z
dc.date.available 2024-09-13T06:52:16Z
dc.date.issued 2024-09-13
dc.identifier.other Afni Illahiyah Adhadiany
dc.identifier.other Afni Illahiyah Adhadiany
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/5436
dc.description.abstract Sale pisang merupakan produk makanan ringan yang terbuat dari buah pisang yang diawetkan dengan cara pengeringan. Di Desa Karangpawitan terdapat suatu agroindustri sale pisang jenis sale pisang basah yaitu “Mitra Sale”. Namun, kurangnya promosi dan kurangnya jaringan pemasaran menjadi kendala agroindustri tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor internal, eksternal, serta mencari alternatif strategi pemasaran sale pisang basah. Jenis penlitian ini menggunakan kualitatif dengan pendekatan deskriptif, analisis pada penelitian ini menggunakan analisis SWOT, menggunkan data primer dan sekunder, dengan metode penarikan sampel purposive sampling. Hasil penelitian menunjukan faktor kekuatan yaitu harga dipasar bersaing, produk berkualitas, mempunyai cita rasa khas (smoky), serta lokasi Mitra Sale yang strategis. Sedangkan kelemahannya yaitu minimnya kegiatan promosi, tidak memiliki sistem manajemen perusahaan, wilayah distribusi masih terbatas, serta tidak adanya riset dan pengembangan perusahaan. Sedangkan faktor eksternal berupa peluang pada penelitian ini yaitu banyaknya agen distributor, mempunyai konsumen tetap, serta potensi pasar yang masih luas serta bekerjasama dengan jasa kurir dan jasa angkut cargo. Sedangkan untuk ancamannya yaitu perubahan cuaca yang tidak stabil, banyaknya makanan modern dan unik serta produk yang mudah ditiru. Alternatif strategi pemasaran yang dapat dilakukan oleh agroindustri Mitra Sale dalam memasarkan Sale Pisang Basah yaitu mempertahankan harga yang terjangkau agar para konsumen dapat menikmati kualitas produk,memperluas jaringan pemasaran, memberikan sampel produk gratis atau tester, serta memanfaatkan lokasi yang strategis. Disarankan untuk agroindustri Mitra Sale mempertahankan harga yang terjangkau, memperluas jaringan pemasaran dengan memanfaatkan teknologi modern serta memberikan sampel produk gratis di lokasi strategis. en_US
dc.description.sponsorship Kurniawati, Tiktiek; Mauladi, Mochamad Arief Rizki en_US
dc.language.iso en en_US
dc.publisher Fakultas Pertanian en_US
dc.subject Agroindustri, Pemasaran, Sale Pisang Basah, Strategi, SWOT en_US
dc.title STRATEGI PEMASARAN SALE PISANG BASAH ( Studi Kasus Pada Agroindustri Sale Pisang Basah " Mitra Sale " di Desa Karangpawitan Kecamatan Padaherang Kabupaten Pangandaran ) en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account