Abstract:
MAMAN NURJAMAN, 2024, Analisis Saluran Pemasaran Agroindustri Comring (Studi Kasus Pada Dzallfa Jaya Snack di Desa Selacai Kecamatan Cipaku Kabupaten Ciamis). Dibawah Bimbingan IVAN SAYID NURAHMAN dan ANISA PUSPITASARI.
Perkembangan agroindustri saat ini yang begitu pesat perlu diimbangi dengan pasar yang baik, namun faktanya pelaku agroindustri masih kesulitan dalam memasarkan produknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran pemasaran comring, besarnya biaya,marjin dan keuntungan pemasaran comring, besarnya bagian harga yang di terima produsen comring di Desa Selacai Kecamatan Cipaku Kabupaten Ciamis. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Data yang digunakan data primer dan sekunder. Jumlah responden sebanyak 13 orang, satu orang produsen, dua orang pengepul dan sepuluh orang pedagang pengecer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua saluran pemasaran yaitu: saluran I: produsen- pedagang pengepul-pedagang pengecer-konsumen. Saluran II: produsen-pedagang pengecer- konsumen. pada saluran I besarnya rata-rata marjin pemasaran Rp 10.000,00 per kilogram,rata-rata biaya pemasaran Rp 2.803 per kilogram, rata-rata keuntungan pemasaran Rp 7.197 per kilogram. Saluran II besarnya rata-rata marjin pemasaran Rp 13.000,00 per kilogram, rata-rata biaya pemasaran Rp 2.000 per kilogram, rata-rata keuntungan pemasaran Rp 11.000 per kilogram. Producer’s share saluran I sebesar 68,75 persen dan saluran II sebesar 62,85 persen. Saluran I nilai efisiensi pemasarannya 1,62 persen dan saluran II efesiensi pemasannya 0,57 persen.
Kata Kunci: Analisis, Agroindustri, Comring, Saluran Pemasaran