Abstract:
Media sosial telah menjadi alat yang penting dalam pemasaran modern, memberikan peluang besar bagi bisnis untuk menjangkau pelanggan melalui platform seperti Instagram. Daira bakery mempunyai kenala dalam memasarkanya seperti persaingan bisnis yang semakin ketat di media sosial dan memiliki kendala dalam kegiatan promosi di offline store. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1. Faktor internal dan eksternal apa saja dalam pemanfaatan pemasaran roti unyil melalui media sosial di Daira Bakery 2. Bagaimana strategi pemasaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan studi kasus, Daira Bakery dipilih sebagai lokasi penelitian dengan menggunakan purposive sampling data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara dengan pemilik dan karyawan Daira Bakery. Analisis SWOT digunakan untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dalam pemasaran roti unyil melalui media sosial. Hasil penelitian ini menunjukan pada faktor kekuatan internal Roti Unyil Daira Bakery Kekuatan yaitu harga dapat bersaing dengan pesaing lain dan kelemahan yaitu respon terhadap pelanggan di media sosial lambat. Faktor eksternal pada Roti Unyil Daira Bakery peluang yaitu dapat menjangkau pasar yang lebih luas, sedangkan ancaman pesaing di media sosial semakin ketat. Dan hasil strategi pemasaran yang baik bagi Roti Unyil Daira Bakery Strength Opportunity strategi yang menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Daira Bakery berhasil memanfaatkan media sosial, terutama Instagram, untuk mempromosikan produk mereka. Strategi yang efektif meliputi inovasi produk, mengikuti tren media sosial, dan respons cepat terhadap konsumen.