Abstract:
Penelitian ini difokuskan pada Peranan Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan
Daya Saing (suatu studi pada PT. Macakal Pangan Sejahtera Ciamis).
Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini meliputi: 1) Bagaimana strategi
pemasaran pada PT. Macakal Pangan Sejahtera Ciamis?; 2) Bagaimana daya saing
pada PT. Macakal Pangan Sejahtera Ciamis?; 3) Bagaimana peranan strategi
pemasaran dalam meningkatkan daya saing pada PT. Macakal Pangan Sejahtera
Ciamis? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis:
1) Strategi pemasaran yang diterapkan pada PT. Macakal Pangan Sejahtera
Ciamis; 2) Daya saing pada PT. Macakal Pangan Sejahtera Ciamis; 3) Peranan
strategi pemasaran dalam meningkatkan daya saing pada PT. Macakal Pangan
Sejahtera Ciamis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
penelitian deskriptif. Hasil Penelitian menunjukan 1) Strategi pemasaran yang
dijalankan oleh PT. Macakal Pangan Sejahtera Ciamis secara umum sudah
berjalan cukup baik sesuai dengan indikator-indikator yang ditetapkan yaitu
product, price, place dan promotion. Strategi pemasaran sudah cukup optimal,
dengan indikator promotion yang paling berperan. Indikator yang kurang adalah
indikator place diantara indikator lainnya. 2) Daya saing pada PT. Macakal
Pangan Sejahtera Ciamis sudah cukup baik sesuai dengan indikator-indikator
yang telah ditetapkan yaitu meliputi kualitas produk, harga kompetitif dan
keunikan. Harga kompetitif menjadi indikator yang paling berperan. Indikator
yang kurang adalah indikator keunikan produk diantara indikator lainnya. 3)
Strategi pemasaran berperan positif dalam meningkatkan daya saing pada PT
Macakal Pangan Sejahtera Ciamis. Ini berarti strategi pemasaran yang telah
dilaksanakan oleh PT. Macakal Pangan Sejahtera Ciamis dapat meningkatkan
Daya Saing pada PT. Macakal Pangan Sejahtera Ciamis