Abstract:
Indonesia adalah negara yang memiliki lahan pertanian yang luas. Lahan pertanian di Indonesia cocok ditanami tanaman pisang. Pisang merupakan komoditas hortikultura yang memiliki potensi cukup menjanjikan dalam bisnis. Buah pisang dapat diolah menjadi berbagai macam produk makanan yang menarik dan enak, salah satunya adalah sale lumpia goreng. Agroindustri Sale Lumpia Goreng ini sudah berjalan selama 5 tahun, namun belum ada kemajuan yang signifikan sehingga perlu adanya penelitian. Penelitian ini bertujuan 1). Mengetahui saluran pemasaran Sale Lumpia Goreng Kencana 2). Faktor internal dan eksternal yang dapat mempengaruhi pemasaran Sale Lumpia Goreng Kencana 3). Mengetahui strategi pemasaran sale lumpia Goreng Kencana. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilalukan melalui observasi, wawancara dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan 1). Terdapat 2 saluran pemasaran pada agroindustri sale lumpia goreng Kencana yaitu a. saluran pemasarn tingkat nol (zero level channel) dari produsen langsung ke konsumen b. saluran pemasaran tingkat satu (one level channel) dari produsen ke pengecer ke konsumen. 2). Faktor Internal terdiri dari a. Kekutan : harga sale pisang yang terjangkau, memiliki ciri khas dengan rasa alami, pelanggan yang setia, tenaga kerja yang mudah diperoleh. b. Kelemahan : tampilan yang kurang menarik, alat pengolahan yang belum maksimal, promosi belum maksimal, variasi produk tidak ada. Faktor Eksternal terdiri dari a. Peluang : adanya permintaan pasar yang baik, memiliki prospek untuk dikembangkan, menciptakan lapangan pekerjaan. b. Ancaman : adanya pesaing dengan cita rasa lain, suatu saat bahan baku sulit didapat, sulit mengetahui kriteria konsumen. 3). Strategi yang harus dilakukan usaha sale lumpia goreng adalah strategi SO (Strength - Opportunities), yaitu meningkatkan kualitas produksi serta melakukan promosi secara terus menerus agar keinginan konsumen terpenuhi.