Unigal Repository

Tingkat Kepuasan Pengunjung Pada Agrowisata Kebun Teh Tambi Kecamatan Kejajar Kabupaten Wonosobo

Show simple item record

dc.contributor.author Yunda Pratiwi, Riska
dc.date.accessioned 2024-09-11T07:30:06Z
dc.date.available 2024-09-11T07:30:06Z
dc.date.issued 2024-09-11
dc.identifier.other Riska Yunda Pratiwi
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/5365
dc.description.abstract Kepuasan pengunjung pada agrowisata dinilai melalui fasilitas yang disediakan dan pelayanan yang diberikan, perbedaan karakteristik pengunjung menjadi permasalahan terhadap harapan pelayanan kepuasan yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik pengunjung, tingkat kepuasan pengunjung dan cara pemenuhan fasilitas dan pelayanan yang diberikan oleh pengelola terhadap pengunjung agrowisata Kebun Teh Tambi di Kecamatan Kejajar Kabupaten Wonosobo. Jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan teknik penarikan sampel menggunakan accidental sampling dengan perhitungan lemeshow. Data primer dan data sekunder yang terkumpul dianalisis menggunakan Importance Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Karakteristik pengunjung pada Agrowisata memiliki rata-rata umur 23 tahun, 64,58% perempuan, 89,58% berasal dari Jawa Tengah dan 59,38% bekerja sebagai wiraswasta/wirausaha. Tingkat kepuasan pengunjung berdasarkan Importance Performance Analysis (IPA), tingkat kesesuaian pelayanan dan fasilitas agrowisata diperoleh nilai 100,48%, berdasarkan Customer Satisfaction Index (CSI) diperoleh nilai sebesar 76,36 menunjukkan bahwa secara keseluruhan tingkat kepuasan pengunjung pada Agrowisata dikatakan puas. Cara pemenuhan fasilitas dan pelayanan terhadap pengunjung dilakukan sesuai peraturan dan prosedur kerja yang diterapkan oleh Agrowisata sesuai dengan tugasnya secara profesional. Pengelola dapat memperbaiki serta meningkatkan kinerja pada pelayanan dan fasilitas yang berada pada kuadran I diagram kartesius hasil Importance Performance Analysis (IPA) untuk mencapai tingkat kepuasan yang lebih tinggi dari nilai yang diperoleh berdasarkan perhitungan Customer Satisfaction Index (CSI). en_US
dc.description.sponsorship Rochdiani, Dini; Yuniawan Isyanto, Agus. en_US
dc.publisher Fakultas Pertanian en_US
dc.subject Agrowisata, Fasilitas, Pelayanan, Pengunjung, Tingkat Kepuasan. en_US
dc.title Tingkat Kepuasan Pengunjung Pada Agrowisata Kebun Teh Tambi Kecamatan Kejajar Kabupaten Wonosobo en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account