Unigal Repository

Peran Pengawas Bina Sekolah Dasar Dalam Pendampingan Di Wilayah Kecamatan Ciamis Kabupaten Ciamis

Show simple item record

dc.contributor.author Firdaus, Irdiana Rizqi
dc.date.accessioned 2024-09-11T06:37:32Z
dc.date.available 2024-09-11T06:37:32Z
dc.date.issued 2024-08-31
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/5359
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi dengan belum optimalnya pengawas bina sekolah dasar dalam pendampingan di wilayah Kecamatan Ciamis Kabupaten Ciamis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran pengawas bina sekolah dasar dalam pendampingan di wilayah Kecamatan Ciamis Kabupaten Ciamis. Metode yang digunakan yaitu metode penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data primer yang diperoleh dari 9 informan menggunkan teknik purposive sampling Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu studi kepustakaan, studi lapangan (observasi non partisan dan wawancara terstruktur) dan studi dokumentasi. Teknis analis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitan peran pengawas bina sekolah dasar dalam pendampingan di wilayah Kecamatan Ciamis Kabupaten Ciamis dinyatakan belum optimal yang diukur dari 10 indikator yang diukur 6 indikator belum optimal yaitu kurangnya pengawas melakukan pengamatan secara rutin kepada sekolah yang menjadi binaanya, kurangnya melakukan pencarian dan pengumpulan informasi dari sekolah yang menjadi binaanya, identifikasi persoalan-persoalan yang dihadapi sekolah yang menjadi wilayah binaanya, pengidentifikasian persoalan-persoalan yang dihadapi sekolah yang menjadi wilayah binaannya, pengetahuan dan kemampuan dalam pelaksanaan pengawas, dan penanganan proses atas penerimaan informasi dari sekolah yang menjadi wilayah binaanya. Hambatan peran pengawas bina sekolah dasar dalam pendampingan yaitu belum optimalnya pengawas sekolah dalam mengindentifikasi masalah-masalah yang terjadi pada sekolah yang menjadi binaannya, belum optimalnya pengawas sekolah dalam mengolah data dan informasi hasil pengawasannya, belum rutinnya pengawas sekolah untuk melakukan pertemuan dan diskusi dengan sekolah yang menjadi binaannya, dan keterbatasan jumlah pengawas sehingga tidak dapat melakukan pengamatan secara langsung kepada sekolah yang menjadi binaanya secara optimal. Adapun upaya yang dilakukan pengawas seperti meningkatkan pertemuan dengan kepala sekolah dan guru sehingga pengawas dapat memperoleh data dan informasi terkait berbagai permasalahan-permasalahan yang terjadi di sekolah selain itu pengawas melakukan diskusi dengan kepala sekolah dan guru sehingga pengawas dapat memberikan arahan kepada setiap sekolah sehingga sekolah dapat mengatasi permasalahan-permasalahan yang dihadapi. en_US
dc.description.sponsorship Hidayat, Eet Saeful. Sahadi en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik en_US
dc.subject Peran, Pengawas en_US
dc.title Peran Pengawas Bina Sekolah Dasar Dalam Pendampingan Di Wilayah Kecamatan Ciamis Kabupaten Ciamis en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account