| dc.contributor.author | Sri Agustin, Mira | |
| dc.date.accessioned | 2024-09-09T04:10:48Z | |
| dc.date.available | 2024-09-09T04:10:48Z | |
| dc.date.issued | 2024-09-08 | |
| dc.identifier.uri | http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/5302 | |
| dc.description.abstract | Perkerasan jalan adalah konstruksi yang dibangun diatas lapisan tanah dasar (subgrade) yang berfungsi untuk menopang beban lalu lintas dan meneruskan beban tersebut ketanah dasar sehingga tidak melampaui daya dukung tanah dasar. Seiring dengan meningkatnya kebutuhan pergerakan barang dan jasa terutama untuk transportasi yang mengakibatkan kerusakan jalan akan lebih cepet umur yang direncanakan kerusakan jalan yang terjadi pada Ruas Jalan Cikatomas Tasikmalaya. Metode yang digunakan dalam kajian ini adalah metode PCI (Pavement Condition Index) dan RCI (Road Condition Index). PCI adalah peningkatan numerik dari kondisi perkerasan yang berkisar antara 0 hingga 100, dengan 0 sebagai kondisi terburuk dan 100 sebagai kondisi terbaik. Sedangkan RCI adalah salah satu sistem penilaian yang digunakan sebagai acuan untuk menentukan kondisi perkerasan jalan berdasarkan jenis dan tingkat kerusakan dalam usaha pemeliharaan jalan. Dari hasil penelitian untuk metode Pavement Condition Index (PCI) di dapatkan nilai sebesar 73,25, jlaan dalam kondisi Very Good dan jenis penanganan nya yaitu tambalan. Sedangkan untuk metode Road Condition Index (RCI) secara visual menunjukan kondisi jalan dalam keadaan baik dengan nilai RCI sebesar 1,55%, dengan jenis penanganan Pemeliharaan Rutin (PR). | en_US |
| dc.subject | Kerusakan Jalan, Pavement Condition Index, Road Condition Index | en_US |
| dc.title | Analisis Kerusakan Perkerasan Jalan Dengan Menggunakan Metode Pavement Condition Index (PCI) dan Road Condition Index (RCI) Pada Ruas Jalan Cikatomas Tasikmalaya | en_US |