Abstract:
Perencanaan strategik sekolah dalam sistem pendidikan merupakan hal yang urgen
dalam mewujudkan sekolah efektif, yakni sekolah yang memiliki proses kerja yang
konsisten terhadap kontek perencanaan. Sementara perencanaan strategik adalah
perencanaan yang berfokus terhadap pencapaian visi, misi dan tujuan sekolah. Dalam
upaya optimalisasi perencanaan strategik, dibutuhkan kepekaan akan perubahan
startegi, respek terhadap risiko kerja, memiliki tim kerja yang solid, kreatif, proaktif,
respon terhadap perubahan dan masalah, kreatif dan inovatif, dan memiliki dedikasi
tinggi untuk pencapaian tujuan sesuai target, harapan, kebutuhan, tuntutan dan
penyesuaian kemampuan.
Tujuan Penelitian adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan tentang:
(1) Perencanaan strategik sekolah dalam mewujudkan sekolah efektif, (2) Hambatan
yang dihadapi sekolah dalam mewujudkan sekolah efektif, (3) Upaya yang dilakukan
sekolah dalam mewujudkan sekolah efektif. Metode Penelitian yang digunakan dalam
penyusunan tesis ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik
pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi.
Adapun informan pada penelitian ini meliputi kepala sekolah, wakil kepala sekolah dan
guru. Teknik analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan
penarikan simpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Perencanaan
strategik sekolah dalam mewujudkan sekolah efektif dengan memperhatikan
perencanaan strategis sekolah merupakan alat untuk mewujudkan sekolah yang efektif.
(2) Hambatan yang dihadapi sekolah dalam mewujudkan sekolah efektif diantaranya
adalah kepala sekolah belum menunjukkan kemampuan yang memadai dalam
memimpin dan mengelola sekolah secara efektif, (3) Upaya untuk mewujudkan
sekolah yang efektif, dengan fokus pada peningkatan mutu pembelajaran,
pengembangan sarana dan prasarana, pembinaan kesiswaan, pemanfaatan teknologi
informasi dan komunikasi, serta peningkatan kerjasama dengan stakeholder.