Unigal Repository

STUDI TENTANG PERAN DAN FUNGSI PENILIK DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL PENDIDIK PADA KELOMPOK BERMAIN TASLIIMAN DI DESA KAMULYAN KECAMATAN BANTARSARI KABUPATEN CILACAP

Show simple item record

dc.contributor.author Tursino
dc.date.accessioned 2024-09-07T02:54:43Z
dc.date.available 2024-09-07T02:54:43Z
dc.date.issued 2024-07-27
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/5276
dc.description.abstract Penelitian ini berjudul STUDI TENTANG PERAN DAN FUNGSI PENILIK DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL PENDIDIK PADA KELOMPOK BERMAIN TASLIIMAN DI DESA KAMULYAN KECAMATAN BANTARSARI KABUPATEN CILACAP, Tursino, NIM. 82362223030. Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa dalam jenjang PAUD, terwujudnya tujuan pendidikan perlu keterlibatan seluruh komponen pendidikan seperti: kepala sekolah, pendidik, dan penilik. Kepala sekolah, pendidik, dan penilik adalah tiga serangkai pelaku pendidikan yang dalam melaksanakan tugas dan fungsinya harus bersinergi serta harus saling mendukung demi terlaksananya peran dan fungsinya masing-masing. Untuk mewujudkan pendidik yang berkualitas dan kompeten, sosok penilik sangatlah penting. Penilik mempunyai kedudukan, peran dan fungsi yang strategis dan penting dalam membina dan mengembangkan kompetensi pendidik dengan tujuan agar sekolah yang dibinanya dapat meningkatkan mutu pendidikan. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan tentang: 1) Peran dan fungsi penilik dalam meningkatkan kompetensi profesional pendidik; 2) Hambatan yang dihadapi; 3) Upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan. Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan tesis ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Adapun informan pada penelitian ini meliputi pendidik, kepala sekolah, penilik, dan Koordinator Wilayah Bidang Pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Peran dan fungsi penilik dalam meningkatkan kompetensi profesional pendidik pada Kelompok Bermain Tasliiman di Desa Kamulyan Kecamatan Bantarsari Kabupaten Cilacap sudah terlaksana cukup baik. Namun demikian, ada aspek yang lemah yaitu penilik berkunjung ke lembaga rata-rata baru satu kali dalam setiap semester. 2) Hambatan yang dihadapi sebagai berikut: a) Peran dan fungsi penilik sebagai pengendali mutu dan evaluasi dampak program PAUD belum optimal. b) Kinerja pendidik belum optimal dan perlu peningkatan lagi. c) Kompetensi profesional pendidik belum optimal terutama dalam melaksanakan kebijakan Merdeka Belajar. 3) Upaya yang dilakukan sebagai berikut: a) Perlunya komitmen penilik untuk melaksanakan alur pengendalian mutu dan evaluasi dampak sesuai prosedur siklus triwulanan secara berulang agar peran dan fungsi penilik bisa lebih optimal. triwulanan secara berulang, b) Penilik melakukan penguatan terhadap pendidik tentang kompetensi pendidik secara berkesinambungan sehingga kinerja pendidik bisa lebih optimal, c) Untuk meningkatkan kompetensi profesional pendidik, dengan memberikan pembimbingan dan pembinaan baik secara perorangan maupun kelompok kepada pendidik, memotivasi pendidik mengikuti pelatihan-pelatihan yang dapat meningkatkan kompetensi professional pendidik, dan mendorong pendidik aktif mengikuti perkembangan pendidikan terkait kebijakan Merdeka Belajar. en_US
dc.subject Peran dan Fungsi, Penilik, Kompetensi Profesional Pendidik en_US
dc.title STUDI TENTANG PERAN DAN FUNGSI PENILIK DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL PENDIDIK PADA KELOMPOK BERMAIN TASLIIMAN DI DESA KAMULYAN KECAMATAN BANTARSARI KABUPATEN CILACAP en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account