Unigal Repository

PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI LEADER DALAM MEWUJUDKAN SEKOLAH EFEKTIF (Studi di SD Negeri Karangjati 03 dan SD Negeri Karangasem 01 Kecamatan Sampang Kabupaten Cilacap)

Show simple item record

dc.contributor.author Ida Yuli, Astuti
dc.date.accessioned 2024-09-06T08:45:56Z
dc.date.available 2024-09-06T08:45:56Z
dc.date.issued 2024-07-27
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/5261
dc.description.abstract Penelitian ini berjudul PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI LEADER DALAM MEWUJUDKAN SEKOLAH EFEKTIF (Studi di SD Negeri Karangjati 03 dan SD Negeri Karangasem 01 Kecamatan Sampang Kabupaten Cilacap), Ida Yuli Astuti, NIM. 82362223031. Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa kepala sekolah dituntut untuk mampu merancang langkah-langkah strategis dalam kepemimpinannya di sekolah yang kemudian akan diterapkan dalam mengelola sekolahnya. Semua tugas dan peran kepala sekolah tersebut dalam rangka mencapai sekolah yang efektif. Berdasarkan fungsinya, penulis memfokuskan penelitiannya terhadap fungsi kepala sekolah sebagai leader karena sangat menentukan berhasil dan tidaknya, maju atau mundurnya suatu lembaga yang dipimpinnya. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan tentang: 1) Peran kepemimpinan kepala sekolah sebagai leader dalam mewujudkan sekolah efektif; 2) Hambatan peran kepemimpinan kepala sekolah sebagai leader dalam mewujudkan sekolah efektif; 3) Upaya mewujudkan peran kepemimpinan kepala sekolah sebagai leader dalam mewujudkan sekolah efektif. Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan tesis ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Adapun informan pada penelitian ini meliputi kepala sekolah, guru, pengawas, dan komite sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Peran kepemimpinan kepala sekolah sebagai leader dalam mewujudkan sekolah efektif sudah terlaksana cukup baik. Namun, kepala sekolah belum optimal dalam merivisi visi misi secara berkala berdasarkan analisis SWOT maupun tuntutan kebutuhan pendidikan saat ini khususnya analisis lingkungan internal maupun eksternal. 2) Hambatan peran kepemimpinan kepala sekolah sebagai leader dalam mewujudkan sekolah efektif sebagai berikut: a) Keterbatasan sumber daya, b) Kurangnya dukungan dari pihak terkait, c) Tuntutan tugas kepala sekolah yang kompleks, d) Tantangan dalam mengelola konflik, dan e) Perubahan kebijakan pendidikan. 3) Upaya mewujudkan peran kepemimpinan kepala sekolah sebagai leader dalam mewujudkan sekolah efektif sebagai berikut: a) Mengoptimalkan penggunaan sumber daya, b) Meningkatkan partisipasi orangtua dan masyarakat, c) Memperkuat kolaborasi dengan pendidik dan tenaga kependidikan sehingga tugas kepala sekolah bisa terdelegasikan, d) Menjalin komunikasi yang baik, dan e) Kepala sekolah perlu menyesuaikan strategi kepemimpinan dengan perubahan kebijakan pendidikan, sehingga dapat mempertahankan kualitas pendidikan yang baik di sekolah. en_US
dc.subject Peran, Kepemimpinan Kepala Sekolah, Leader, Sekolah Efektif en_US
dc.title PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI LEADER DALAM MEWUJUDKAN SEKOLAH EFEKTIF (Studi di SD Negeri Karangjati 03 dan SD Negeri Karangasem 01 Kecamatan Sampang Kabupaten Cilacap) en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account