Unigal Repository

PENGUATAN KOMPETENSI GURU IPS TERPADU DALAM MENINGKATKAN KARAKTER PESERTA DIDIK (Studi Kasus pada MTs Negeri 1 Kabupaten Ciamis)

Show simple item record

dc.contributor.author Yuyun, Soneangsih
dc.date.accessioned 2024-09-06T08:39:22Z
dc.date.available 2024-09-06T08:39:22Z
dc.date.issued 2024-07-06
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/5260
dc.description.abstract Pembentukan karakter peserta didik merupakan salah satu tuntutan dalam sistem pendidikan formal, dan sesuai pula dengan tuntutan tujuan pendidikan nasional sebagaimana dalam UU no. 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. Pembentukan karakter peserta didik sebagian besar akan bermuara pada kualitas proses pembelajaran terutama pada aspek kompetensi sosial guru. Oleh karena itu penelitian ini berfokus pada penguatan kompetensi sosial guru dalam meningkatkan karakter peserta didik. Penelitian ini dilakukan melalui metode deskriptif eksploratif dan pendekatan kualitatif, dan secara teknik merupakan penelitian studi kasus pada MTs Negeri 1 Kabupaten Ciamis. Melalui teknik pegambilan data wawancara, observasi dan dokumentasi, yang kemudian sejumlah data diolah melalui langkah display data, reduksi data dan analisis data serta ditunjang dengan triangulasi waktu, konfirmasi akhli dan pengulangan proses, maka menghasilkan kesimpulan sebagai berikut (1) Kapasitas kompetensi sosial guru dalam meningkatkan karakter peserta didik pada MTS. Negeri 1 Ciamis, dikategorikan baik, selain itu produktivitasnya mengalami peningkatan setiap tahunnya secara bertahap kearah peningkatan positif. Hal ini, sebagai bentuk upaya penguatan kapasitas kompetensi sosial guru melalui upaya manajerial kepala MTsN, dan upaya mandiri guru secara personal; (2) Hambatan yang masih dihadapi guru dalam proses penguatan kompetensi sosial guru dalam upaya meningkatkan karakter peserta didik, bersumber dari 4 hal, yakni kelemahan guru secara personal, pengaruh negatif yang besar dari lingkungan dan lemahnya dukungan eksternal, stakeholder dan orang tua peserta didik dalam menerapkan nilai-nilai karakter mulia sebagai bentuk impact dari proses pembelajaran, (3) Strategi pengembangan yang dilakukan MTs. Negeri 1 Ciamis, dalam meningkatkan kompetensi sosial guru dalam meningkatkan karakter peserta didik, dilakukan 5 stratgi berikut: Strategi membangun daya dukung, Strategi pembinaan langsung, Strategi pembinaan mandiri dan Strategi kemitraan eksternal, Penerapan sistem pendidikan berbasis karakter mulia. en_US
dc.subject Kompetensi Guru, Pendidikan Karakter, Karakter Peserta Didik en_US
dc.title PENGUATAN KOMPETENSI GURU IPS TERPADU DALAM MENINGKATKAN KARAKTER PESERTA DIDIK (Studi Kasus pada MTs Negeri 1 Kabupaten Ciamis) en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account