Unigal Repository

PENGEMBANGAN KOMPETENSI GURU MELALUI SOFT SKILL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Kasus di SMP IT Bina Insan Kamil Sidareja Kabupaten Cilacap)

Show simple item record

dc.contributor.author Wasiyem
dc.date.accessioned 2024-09-06T08:37:47Z
dc.date.available 2024-09-06T08:37:47Z
dc.date.issued 2024-07-06
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/5259
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa pembelajaran abad-21 juga menekankan pada perhatian pada penegmbangan keterampilan dan pengetahuan yang relevan dengan dunia nyata dan menempatkan peserta didik sebagai pembelajar yang aktif serta komunikatif, sehingga diharapkan guru mampu menghadirkan empat keterampilan dalam pembelajaran yang lebih dikenal dengan soft skill (4C). Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan tentang: 1) Pengembangan kompetensi guru melalui soft skill dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMP IT Bina Insan Kamil Sidareja Kabupaten Cilacap; 2) Hambatan-hambatan yang dihadapi dalam mengoptimalkan pengembangan kompetensi guru melalui soft skill untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMP IT Bina Insan Kamil Sidareja Kabupaten Cilacap; 3) Upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi hambatan dalam pengembangan kompetensi guru melalui soft skill untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMP IT Bina Insan Kamil Sidareja Kabupaten Cilacap. Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data penelitian didapatkan dari informan, yakni kepala sekolah dan guru. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan wawancara, observasi, studi dokumentasi, serta melaksanakan triangulasi, selanjutnya data diolah dengan reduksi data, penyajian data, mengambil kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kompetensi guru melalui soft skill di SMP IT Bina Insan Kamil Sidareja Kabupaten Cilacap, dilihat dari aspek critical thinking (berpikir kritis), collaboration (kolaborasi), creativity (kreatif), dan communication (komunikasi) telah dikembangkan guru dengan baik, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Namun demikian terdapat beberapa guru yang belum maksimal dalam mengembangkankan salah satu aspek dari kompetensi guru melalui soft skill khususnya pada sub aspek dari critical thinking yaitu memilih argumen logis. Hal ini ditunjukan dengan ditemukannya sebagian kecil peserta didik kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran. en_US
dc.subject Kompetensi Guru, Soft Skill en_US
dc.title PENGEMBANGAN KOMPETENSI GURU MELALUI SOFT SKILL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Kasus di SMP IT Bina Insan Kamil Sidareja Kabupaten Cilacap) en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account