Unigal Repository

MANAJEMEN STRATEGI PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DALAM MENINGKATKAN MUTU SEKOLAH (Studi Kasus di SD Negeri 1 Panawangan dan SD Negeri 1 Kertayasa Kabupaten Ciamis)

Show simple item record

dc.contributor.author Sutarsana
dc.date.accessioned 2024-09-06T08:35:26Z
dc.date.available 2024-09-06T08:35:26Z
dc.date.issued 2024-07-13
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/5258
dc.description.abstract Tesisi ini berjudul manajemen strategi peningkatan kompetensi profesional guru dalam meningkatkan mutu sekolah (studi kasus di SD Negeri 1 Panawangan dan SD Negeri 1 Kertayasa Kabupaten Ciamis). Sutarsana. NIM. 82362223004. Di bawah bimbingan Dr. Maman Herman, S.Pd., M.Pd., (Pembimbing I) dan Dr. H. Kusnandi, Drs., MM., M.Pd., (Pembimbing II). Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa terdapat permasalahan kompetensi profesional guru di SD Negeri 1 Panawangan dan SD Negeri 1 Kertayasa Kabupaten Ciamis dimana rendahnya nilai yang diperoleh pada indikator penguasaan materi, struktur konsep dan pola pikir yang keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu dan mengembangkan keprofesionalan melalui tindakan yang reflektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Manajemen Strategi Peningkatan Kompetensi Profesional Guru dalam Meningkatkan Mutu Sekolah. 2) Hambatan-hambatan Manajemen Strategi Peningkatan Kompetensi Profesional Guru dalam Meningkatkan Mutu Sekolah. 3) Upaya mengatasi hambatan-hambatan Manajemen Strategi Peningkatan Kompetensi Profesional Guru dalam Meningkatkan Mutu Sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini analisis desain deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan pada penelitian ini terdiri atas Kepala Sekolah, Pengawas, Komite Sekolah dan Guru. Teknik analisis data dilakukan melalui tahapan 1) Reduksi data, 2) Penyajian data / Data display, dan 3) Penarikan kesimpulan / Verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Manajemen strategi peningkatan kompetensi profesional guru ditinjau dari kemampuan penguasaan materi dan pemahaman terhadap perkembangan profesi dapat meningkatkan mutu sekolah. Namun masih terdapat aspek yang perlu ditingkatkan yakni pada sub aspek kemampuan guru dalam mengikuti perkembangan kurikulum dan perkembangan IPTEK. 2) Hambatan dalam manajemen strategi peningkatan kompetensi profesional guru dalam meningkatkan mutu sekolah, seperti keterbatasan akses terhadap pelatihan, kurangnya dukungan fasilitas, resistensi terhadap perubahan, dan kurangnya pemahaman tentang kebutuhan siswa dan tanggung jawab profesional. Diperlukan pendekatan komprehensif dan kolaboratif antara pihak sekolah, pemerintah, dan masyarakat untuk mengatasi hambatan-hambatan ini demi meningkatkan mutu pendidikan. 3) Adapun upaya yang dilakukan dalam mengatasi hambatan melalui strategistrategi yang melibatkan pelatihan, dukungan, kolaborasi, dan pengembangan diri diperlukan untuk mengatasi hambatan tersebut secara efektif. en_US
dc.subject Manajemen Strategi, Kompetensi Profesional Guru, Mutu Sekolah. en_US
dc.title MANAJEMEN STRATEGI PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DALAM MENINGKATKAN MUTU SEKOLAH (Studi Kasus di SD Negeri 1 Panawangan dan SD Negeri 1 Kertayasa Kabupaten Ciamis) en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account