Unigal Repository

STUDI TENTANG FUNGSI KOMITE SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN FASILITAS SEKOLAH DI SD NEGERI KERTAJAYA 03 DAN SD NEGERI KERTAJAYA 04 KECAMATAN GANDRUNGMANGU KABUPATEN CILACAP

Show simple item record

dc.contributor.author Siswadi
dc.date.accessioned 2024-09-06T08:19:22Z
dc.date.available 2024-09-06T08:19:22Z
dc.date.issued 2024-07-27
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/5250
dc.description.abstract Penelitian ini berjudul STUDI TENTANG FUNGSI KOMITE SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN FASILITAS SEKOLAH DI SD NEGERI KERTAJAYA 03 DAN SD NEGERI KERTAJAYA 04 KECAMATAN GANDRUNGMANGU KABUPATEN CILACAP, Siswadi, NIM. 82362223036. Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) merupakan suatu konsep yang menawarkan otonomi pada sekolah untuk menentukan kebijakan sekolah dalam rangka meningkatkan mutu, efisiensi dan pemerataan pendidikan agar dapat mengakomodasi keinginan masyarakat dan pemerintah. Untuk menampung peran serta masyarakat dalam dunia pendidikan, maka dibentuklah komite sekolah. Indikator fungsi komite sekolah adalah meningkatkan mutu pelayanan pendidikan, memonitor kinerja sekolah, merekomendasikan rencana pengembangan sekolah, dan memantau bantuan dana dari pemerintah. Penelitian ini berfokus pada fungsi komite untuk meningkatkan fasilitas sekolah. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan tentang: 1) Fungsi komite sekolah dalam meningkatkan fasilitas sekolah; 2) Hambatan yang dihadapi; 3) Upaya yang dilakukan. Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan tesis ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Adapun informan pada penelitian ini meliputi komite sekolah, kepala sekolah, guru, pengawas, dan Koordinator Wilayah Bidang Pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Fungsi komite sekolah dalam meningkatkan fasilitas sekolah di SD Negeri Kertajaya 03 dan SD Negeri Kertajaya 04 Kecamatan Gandrungmangu sudah terlaksana cukup baik. Namun demikian, ada aspek yang lemah yaitu kurangnya kesadaran masyarakat terhadap pendidikan, yang berakibat minimnya pemerhati pendidikan yang menimbulkan kesan bahwa penyelenggaraan pendidikan hanya tanggung jawab sekolah. 2) Hambatan yang dihadapi sebagai berikut: a) Kurangnya pengetahuan dan pemahaman pengurus komite dan masyarakat terhadap keberadaan komite sekolah. b) Kurangnya kesadaran masyarakat terhadap pendidikan. c) Ekonomi masyarakat yang majemuk, sehingga daya dukung finansial masyarakat masih kurang optimal. d) Sekolah jauh dari jangkauan dunia usaha dan industri, sehingga sekolah tidak mendapat dukungan dari pihak DUDI maupun pihak swasta. 3) Upaya yang dilakukan sebagai berikut: a) Perlu dilakukan peningkatan kapasitas terhadap komite sekolah melalui sosialisasi, pelatihan-pelatihan, seminar, lokakarya, dan lain sebagainya tentang komite sekolah. b) Mengikutsertakan orang tua dan tokoh masyarakat dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengawasi program sekolah. c) Perlu menjaga hubungan baik dan kerjasama antara sekolah, komite dan masyarakat. d) Komite sekolah berupaya melakukan terobosan-terobosan baru dalam hal penggalangan dana dari pihak swasta, sehingga peran swasta lebih ditingkatkan. en_US
dc.subject Fungsi Komite Sekolah, Fasilitas Sekolah en_US
dc.title STUDI TENTANG FUNGSI KOMITE SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN FASILITAS SEKOLAH DI SD NEGERI KERTAJAYA 03 DAN SD NEGERI KERTAJAYA 04 KECAMATAN GANDRUNGMANGU KABUPATEN CILACAP en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account