Unigal Repository

MANAJEMEN STRATEGI PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DALAM MENINGKATKAN PRESTASI AKADEMIK PESERTA DIDIK (Studi Kasus di SD Negeri Se-Kecamatan Parigi)

Show simple item record

dc.contributor.author Salni
dc.date.accessioned 2024-09-06T08:17:47Z
dc.date.available 2024-09-06T08:17:47Z
dc.date.issued 2024-07-13
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/5249
dc.description.abstract Seorang guru sebagai seorang pendidik merupakan komponen penting dalam proses pendidikan. Peserta didik yang berprestasi dan berakhlak mulia merupakan salah satu tujuan pendidikan Indonesia. Untuk meningkatkan itu semua perlu sebuah kerja keras. Peningkatan kompetensi Guru dan kepala sekolah di SD Negeri Se-Kecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran, melakukan manajemen strategi melalui siklus Plan, Do, Check, Action (PDCA). Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan tentang: 1) Perencanaan (Plan) Manajemen strategi peningkatan profesional guru dalam meningkatkan prestasi akademik peserta didik; 2) Pelaksanaan (Do) Manajemen strategi peningkatan profesional guru dalam meningkatkan prestasi akademik peserta didik; 3) Evaluasi/pengawasan (Check) Manajemen strategi peningkatan profesional guru dalam meningkatkan prestasi akademik peserta didik; 4) Tindak Lanjut (Action) Manajemen strategi peningkatan profesional guru dalam meningkatkan prestasi akademik peserta didik. Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan tesis ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Adapun informan pada penelitian ini meliputi kepala sekolah dan guru. Teknik analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan peanrikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan (Plan), kepala sekolah dan guru telah melakukan perencanaan dengan baik melalui berbagai teknik dan menghasilkan beberapa dokumen; 2) Pelaksanaan (Do), kepala sekolah dan guru telah melaksanakan kegiatan sesuai dengan perencanaan; 3) Evaluasi/Pengawasan (Check), kepala sekolah dan guru melakukan evaluasi diri, menganalisis serta mengidentifikasi terhadap hasil pelaksanaan berupa dokumen administrasi sekolah dan kegiatan sekolah; 4) Tindak lanjut (Action), kepala sekolah dan guru melakukan refleksi dan perbaikan terhadap hasil evaluasi yang belum mencapai target. Dari pelaksanaan manajemen strategi melalui siklus PDCA terdapat hambatan yang dihadapi tetapi diperoleh juga upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan tersebut dalam melaksanakan manajemen strategi peningkatan kompetensi professional guru untuk meningkatkan prestasi akademik peserta didik. en_US
dc.subject Manajemen Strategi, Profesional Guru, Peserta Didik en_US
dc.title MANAJEMEN STRATEGI PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DALAM MENINGKATKAN PRESTASI AKADEMIK PESERTA DIDIK (Studi Kasus di SD Negeri Se-Kecamatan Parigi) en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account