Unigal Repository

PENERAPAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM PROSES PEMBELAJARAN (Studi Kasus pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Di SMP Negeri 2 Garut Kabupaten Garut)

Show simple item record

dc.contributor.author Reti, Saswanti
dc.date.accessioned 2024-09-06T08:12:17Z
dc.date.available 2024-09-06T08:12:17Z
dc.date.issued 2024-07-13
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/5246
dc.description.abstract Penerapan teknologi informasi dan komunikasi dalam meningkatkan proses pembelajaran, merupakan fokus kajian dalam penelitian ini, dimana hal tersebut dilatarbelakangi oleh berbagai permasalahan dalam mutu proses pembelajaran terutama pada mata pelajaran bahasa inggris, yang termasuk pada mata pelajaran yang tingkat kesulitan peserta didik lebih tinggi. Selain itu didukung pula oleh perkembangan IPTEK, tuntutan pengembangan ilmu pengetahuan dan keterampilan peserta didik sesuai dengan tuntutan era globalisasi di era 4.0 saat ini, sangat menuntut penerapan teknologi dalam proses pembelajaran. Permasalahan yang paling utama dalam hal ini adalah bagaimanakah proses penggunaan media TIK dalam proses pembelajaran, hambatan yang dihadapi guru serta solusinya serta pengembangan strategi penerapan TIK dalam pembelajaran hingga mampu meningkatkan mutu proses pembelajaran secara berarti. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kualitatif, metode deskripsif eksploratif dan teknis studi kasus pada proses pembelajaran mata pelajaran bahasa inggris di SMP Negeri 2 Garut. Teknik pengambilan data yang dilakukan peneliti melalui teknik : (1) Wawancara; (2) Observasi; dan (3) dokumentasi. Yang kemudian diolah melalui tahapan: data collection, data reduction, data display, dan conclusion drawing. Sehingga menghasilkan kesimpulan sebagai berikut : (1) Penguasaan guru mata pelajaran bahasa inggris pada SMP Negeri 2 Garut, dalam proses penerapan media TIK dalam meningkatkan mutu pembelajaran dapat dikategorikan baik. Hal ini karena didukung oleh kesadaran untuk meningkatkan kapasitas diri terkait pengguna media TIK dalam pembelajaran dan dukungan nyata dari aspek manajerial sekolah; (2) Proses penerapan media TIK dalam proses pembelajaran oleh guru mahasa inggris, diantaranya: sebagai media pendukung proses rencana proses pembelajaran, dan kelengkapan administrasi guru, media TIK digunakan dalam penyiapan, dan produksi media pembelajaran, Media TIK digunakan dalam proses pembelajaran dan media TIK digunakan sebagai media proses belajar diluar kelas oleh peserta didik seperti: LMS, Google Class Room, dan Library Digital serta media TIK digunakan sebagai media pendukung sumber belajar serta diguakan sebagai evaluasi pembelajaran (3) Hambatan yang masih dirasakan guru diantaranya yang bersumber keterbatasan fasilitas yang tersedia dan solusinya melalui kerjasama yang solid dalam peningkatan keterampilan melalui media MGMP Sekolah; (4) Strategi pengembangan penguatan guru dalam penerapan media TIK dalam proses pembelajaran, diantaranya : Strategi revitalisasi manajemen sekolah dalam pengadaan fasilitas, Strategi sistem pengembangan program kerja sekolah, Strategi sistem penguatan kapasitas keterampilan guru yang terprogram, dan strategi orientasi proses pembelajaran pada mutu keterampilan dan kemampuan peserta didik. en_US
dc.subject Media TIK, TIK dalam pembelajaran, TIK Bahasa Inggris. en_US
dc.title PENERAPAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM PROSES PEMBELAJARAN (Studi Kasus pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Di SMP Negeri 2 Garut Kabupaten Garut) en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account