Unigal Repository

MANAJEMEN STRATEGIK KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA SEKOLAH (Studi Kasus di SD Negeri Karangjati 03 dan SD Negeri Karangjati 04 Kecamatan Sampang Kabupaten Cilacap)

Show simple item record

dc.contributor.author Ratna, Ernawati
dc.date.accessioned 2024-09-06T07:35:15Z
dc.date.available 2024-09-06T07:35:15Z
dc.date.issued 2024-07-27
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/5241
dc.description.abstract Penelitian ini berjudul MANAJEMEN STRATEGIK KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA SEKOLAH (Studi Kasus di SD Negeri Karangjati 03 dan SD Negeri Karangjati 04 Kecamatan Sampang Kabupaten Cilacap), Ratna Ernawati, NIM. 82362223024. Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa kepala sekolah merupakan salah satu komponen pendidikan yang paling berperan dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Kepala sekolah adalah penanggung jawab atas penyelenggaraan pendidikan. Kepala sekolah sebagai manajer dengan manajemen strategik kepemimpinan harus mampu mengelola intitusi yang mempunyai peran yang sangat penting. Dengan kemampuan melaksanakan manjemen strategik maka diharapkan kinerja sekolah pun akan meningkat. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan tentang: 1) Manajemen strategik kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja sekolah; 2) Hambatan yang dihadapi oleh kepala sekolah; 3) Upaya yang dilakukan kepala sekolah untuk mengatasi hambatan. Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan tesis ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Adapun informan pada penelitian ini meliputi kepala sekolah, guru, pengawas, dan komite sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Manajemen strategik kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja sekolah di SD Negeri Karangjati 03 dan SD Negeri Karangjati 04 Kecamatan Sampang Kabupaten Cilacap sudah terlaksana cukup baik. Namun demikian, ada aspek yang lemah yaitu kepala sekolah belum optimal dalam merumuskan dan menyosialisasikan visi, misi, dan tujuan sekolah, serta melakukan analisis SWOT. 2) Hambatan yang dihadapi oleh kepala sekolah sebagai berikut: a) Faktor internal, kepala sekolah kurang optimal dalam menguasai kompetensi manajerial. b) Faktor ekternal sebagai berikut: (1) pendidik dan tenaga kependidikan yang belum sepenuhnya memiliki kualifikasi dan kompetensi yang diharapkan, (2) daya dukung masyarakat yang kurang optimal terhadap sekolah, (3) program sekolah disusun belum sepenuhnya melibatkan pendidik dan tenaga kependidikan, (4) minimnya pemahaman warga sekolah tentang hakikat Manajemen Berbasis Sekolah (MBS). 3) Upaya yang dilakukan kepala sekolah sebagai berikut: a) Faktor internal, kepala sekolah bergabung dengan KKKS; melakukan fungsi manajemen; berkolaborasi dan komunikasi yang intens dengan stakeholder. b) Faktor ekternal dapat diatasi dengan: (1) memotivasi pendidik dan tenaga kependidikan agar melanjutkan pendidikan, mengikuti pelatihan, aktif melakukan penelitian/karya tulis ilmiah, menciptakan budaya organisasi pembelajaran , dan Gerakan Guru Membaca (G2M); (2) kepala sekolah melakukan komunikasi yang positif; (3) saat menyusun program sekolah harus melibatkan personil sekolah/pendidik; (4) perlunya pelatihan/pembinaan tentang Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dan melakukan sosialisasi. en_US
dc.subject Manajemen Strategik, Kepala Sekolah, Kinerja Sekolah en_US
dc.title MANAJEMEN STRATEGIK KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA SEKOLAH (Studi Kasus di SD Negeri Karangjati 03 dan SD Negeri Karangjati 04 Kecamatan Sampang Kabupaten Cilacap) en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account