Unigal Repository

IMPLEMENTASI PEMBIAYAAN PENDIDIKAN MELALUI PROGRAM INDONESIA PINTAR DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Kasus Di SDN Se-Kecamatan Panumbangan)

Show simple item record

dc.contributor.author Desi, Destiani
dc.date.accessioned 2024-09-06T04:18:50Z
dc.date.available 2024-09-06T04:18:50Z
dc.date.issued 2024-08-03
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/5224
dc.description.abstract Latar belakang dilakukannya penelitian ini dikarenakan di Kecamatan Panumbangan, Kabupaten Ciamis, khususnya di SDN 1, 2 Sindangbarang dan SDN 1 Sindangherang, implementasi Program Indonesia Pintar (PIP) telah dilaksanakan selama beberapa tahun dan diharapkan mampu meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Secara keseluruhan, program Indonesia Pintar (PIP) telah memberikan manfaat yang cukup signifikan bagi peserta didik dari keluarga tidak mampu. Namun, masih diperlukan perbaikan dan peningkatan dalam beberapa aspek implementasinya agar Program Indonesia Pintar (PIP) dapat berjalan lebih optimal dan memberikan dampak yang lebih luas bagi peningkatan akses dan kualitas pendidikan di Indonesia. Maka berangkat dari hal tersebut perlu dikaji lebih mendalam terkait capaian tujuan Program Indonesia Pintar (PIP) dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik agar lebih optimal. Untuk menganalisis dan memperbaiki hal tersebut menggunakan pendekatandengan teori Edward Deming atau siklus PDCA (Plan-Do-Check-Action) dapat menjadi solusi yang efektif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, teknik pengumpulan data dilakukan secara triangulasi (gabungan observasi, wawancara, dokumentasi), data yang diperoleh cenderung data kualitatif, analisis data bersifat kualitatif, dan hasil penelitian kualitatif bersifat untuk memahami makna, memahami keunikan, mengkonstruksi fenomena, dan menentukan hipotesis. Penelitian ini jika dilihat dari lokasi sumber datanya termasuk kategori penelitian studi kasus (case research), yaitu penelitian yang bertujuan untuk mempelajari secara intensif mengenai unit-unit sosial tertentu, yang meliputi individu, kelompok, lembaga dan masyarakat. Adapun informan pada penelitian ini meliputi kepala sekolah, oprator sekolah dan guru. Tekhnik analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Gambaran implementasi pembiayaan pendidikan melalui program Indonesia Pintar (PIP) dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik sudah berjalan dengan baik namun masih belum optimal, 2) dilakukan perbaikan dalam perencanaan agar dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik, 3) pemantauan pelaksanaan 4) dilakukan evalusi terhadap pelaksanaan 5) dilakukan tindak lanjut dari hasil evalusi dalam pelaksanaan 6) Implementasi pembiayaan pendidikan melaui Program Indonesia Pintar (PIP) setelah dilakukan langkah langkah sesuai teori Edward Deming (Plan-Do-Chek-Action) dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik. en_US
dc.subject Implementasi Pembiayaan Pendidikan, Program Indonesia Pintar (PIP), Motivasi Belajar Peserta Didik. en_US
dc.title IMPLEMENTASI PEMBIAYAAN PENDIDIKAN MELALUI PROGRAM INDONESIA PINTAR DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Kasus Di SDN Se-Kecamatan Panumbangan) en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account