dc.description.abstract |
Penelitian ini berjudul STUDI TENTANG SUPERVISI AKADEMIK
KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA MENGAJAR
GURU DI SD NEGERI RAWAJAYA 02 DAN SD NEGERI RAWAJAYA 07
KECAMATAN BANTARSARI KABUPATEN CILACAP, Daryanto, NIM.
82362223011. Penelitian ini dilatar belakangi bahwa ketercapaian dan
terwujudnya kinerja mengajar guru yang profesional sangat bergantung pada
kompetensi supervisi akademik kepala sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis dan mendeskripsikan: 1) Supervisi akademik kepala sekolah dalam
meningkatkan kinerja mengajar guru ditinjau dari aspek perencanaan program
(pra observasi); 2) Supervisi akademik kepala sekolah dalam meningkatkan
kinerja mengajar guru ditinjau dari aspek pelaksanaan (observasi); 3) Supervisi
akademik kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja mengajar guru ditinjau dari
aspek tindak lanjut (pasca observasi). Metode penelitian yang digunakan dalam
penyusunan tesis ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif untuk
mengkaji permasalahan dan memperoleh makna yang lebih mendalam. Adapun
teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi
dokumentasi. Sedangkan informan pada penelitian ini meliputi pengawas, kepala
sekolah dan guru. Teknik analisis data dilakukan melalui rediksi data, penyajian
data, dan penarikan simpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1)
Supervisi akademik kepala sekolah di SD Negeri Rawajaya 02 dan SD Negeri
Rawajaya 07 Kecamatan Bantarsari Kabupaten Cilacap ditinjau dari aspek
perencanaan program (pra observasi) sudah optimal sehingga dapat meningkatkan
kinerja mengajar guru; 2) Supervisi akademik kepala sekolah di SD Negeri
Rawajaya 02 dan SD Negeri Rawajaya 07 Kecamatan Bantarsari Kabupaten
Cilacap ditinjau dari aspek pelaksanaan (observasi) sudah optimal sehingga dapat
meningkatkan kinerja mengajar guru; 3) Supervisi akademik kepala sekolah di SD
Negeri Rawajaya 02 dan SD Negeri Rawajaya 07 Kecamatan Bantarsari
Kabupaten Cilacap ditinjau dari aspek tindak lanjut (pasca observasi) sudah
optimal sehingga dapat meningkatkan kinerja mengajar guru. |
en_US |