Unigal Repository

STUDI TENTANG KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SD NEGERI PAMULIHAN 02 KECAMATAN KARANGPUCUNG KABUPATEN CILACAP

Show simple item record

dc.contributor.author Carwa
dc.date.accessioned 2024-09-06T04:10:55Z
dc.date.available 2024-09-06T04:10:55Z
dc.date.issued 2024-07-27
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/5221
dc.description.abstract Penelitian ini berjudul STUDI TENTANG KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SD NEGERI PAMULIHAN 02 KECAMATAN KARANGPUCUNG KABUPATEN CILACAP, Carwa, NIM. 82362223010. Penelitian ini dilatar belakangi bahwa peran guru sebagai pelaksana pendidikan harus memiliki kompetensi yang memadai dan berkualitas untuk mengembangkan peserta didik secara utuh melalui kinerjanya. Dalam penelitian ini berfokus pada kompetensi pedagogik yang akan membentuk kepribadian guru yang sangat menentukan kualitas pembelajaran dan bimbingan peserta didik, serta mendorong terlaksananya seluruh tugas tambahan secara proporsional dan profesional dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan: 1) Kompetensi pedagogik guru ditinjau dari aspek Plan (perencanaan) dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik; 2) Kompetensi pedagogik guru ditinjau dari aspek Do (pelaksanaan) dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik; 3) Kompetensi pedagogik guru ditinjau dari aspek Check (penilaian) dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik; dan 4) Kompetensi pedagogik guru ditinjau dari aspek Act (tindak lanjut) dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan tesis ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif untuk mengkaji permasalahan dan memperoleh makna yang lebih mendalam. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Sedangkan informan pada penelitian ini meliputi pengawas, kepala sekolah, guru, peserta didik, dan komite sekolah. Teknik analisis data dilakukan melalui rediksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kompetensi pedagogik guru ditinjau dari aspek Plan (perencanaan) dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik sudah terlaksana cukup baik. Namun, Implementasi Kurikulum Merdeka saat ini belum optimal dan masih mengalami beberapa hambatan seperti akses yang dimiliki dalam pembelajaran belum merata, manajemen waktu dan sebagainya; 2) Kompetensi pedagogik guru ditinjau dari aspek Do (pelaksanaan) dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik sudah terlaksana cukup baik. Namun, masih ada hambatan di sekolah seperti guru belum sepenuhnya dapat mengakomodir minat dan potensi peserta didik. Selain itu, keterbatasan sarana dan prasarana sekolah untuk pemberian bimbingan kepada peserta didik; 3) Kompetensi pedagogik guru ditinjau dari aspek Check (penilaian) dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik sudah terlaksana cukup baik. Namun, masih ada sebagian guru yang belum sepenuhnya melakukan penilaian secara berkesinambungan; dan 4) Kompetensi pedagogik guru ditinjau dari aspek Act (tindak lanjut) dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik sudah terlaksana cukup baik. Hanya saja kegiatan tindak lanjut yang dilakukan guru perlu dioptimalkan. en_US
dc.subject Kompetensi Pedagogik Guru, Hasil Belajar Peserta Didik en_US
dc.title STUDI TENTANG KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SD NEGERI PAMULIHAN 02 KECAMATAN KARANGPUCUNG KABUPATEN CILACAP en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account