Abstract:
Penelitian ini berjudul STUDI TENTANG KOMPETENSI PEDAGOGIK
GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK
DI SD NEGERI PAMULIHAN 02 KECAMATAN KARANGPUCUNG
KABUPATEN CILACAP, Carwa, NIM. 82362223010. Penelitian ini dilatar
belakangi bahwa peran guru sebagai pelaksana pendidikan harus memiliki
kompetensi yang memadai dan berkualitas untuk mengembangkan peserta didik
secara utuh melalui kinerjanya. Dalam penelitian ini berfokus pada kompetensi
pedagogik yang akan membentuk kepribadian guru yang sangat menentukan
kualitas pembelajaran dan bimbingan peserta didik, serta mendorong
terlaksananya seluruh tugas tambahan secara proporsional dan profesional dalam
meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis dan mendeskripsikan: 1) Kompetensi pedagogik guru ditinjau dari
aspek Plan (perencanaan) dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik;
2) Kompetensi pedagogik guru ditinjau dari aspek Do (pelaksanaan) dalam
meningkatkan hasil belajar peserta didik; 3) Kompetensi pedagogik guru ditinjau
dari aspek Check (penilaian) dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik; dan
4) Kompetensi pedagogik guru ditinjau dari aspek Act (tindak lanjut) dalam
meningkatkan hasil belajar peserta didik. Metode penelitian yang digunakan
dalam penyusunan tesis ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif untuk
mengkaji permasalahan dan memperoleh makna yang lebih mendalam. Adapun
teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi
dokumentasi. Sedangkan informan pada penelitian ini meliputi pengawas, kepala
sekolah, guru, peserta didik, dan komite sekolah. Teknik analisis data dilakukan
melalui rediksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan/verifikasi. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kompetensi pedagogik guru ditinjau dari
aspek Plan (perencanaan) dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik sudah
terlaksana cukup baik. Namun, Implementasi Kurikulum Merdeka saat ini belum
optimal dan masih mengalami beberapa hambatan seperti akses yang dimiliki
dalam pembelajaran belum merata, manajemen waktu dan sebagainya;
2) Kompetensi pedagogik guru ditinjau dari aspek Do (pelaksanaan) dalam
meningkatkan hasil belajar peserta didik sudah terlaksana cukup baik. Namun,
masih ada hambatan di sekolah seperti guru belum sepenuhnya dapat
mengakomodir minat dan potensi peserta didik. Selain itu, keterbatasan sarana
dan prasarana sekolah untuk pemberian bimbingan kepada peserta didik;
3) Kompetensi pedagogik guru ditinjau dari aspek Check (penilaian) dalam
meningkatkan hasil belajar peserta didik sudah terlaksana cukup baik. Namun,
masih ada sebagian guru yang belum sepenuhnya melakukan penilaian secara
berkesinambungan; dan 4) Kompetensi pedagogik guru ditinjau dari aspek Act
(tindak lanjut) dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik sudah terlaksana
cukup baik. Hanya saja kegiatan tindak lanjut yang dilakukan guru perlu
dioptimalkan.