Unigal Repository

IMPLEMENTASI BUDAYA KERJA GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi di SD Negeri Bulaksari 05 Kecamatan Bantarsari Kabupaten Cilacap)

Show simple item record

dc.contributor.author Betty, Irwanti
dc.date.accessioned 2024-09-06T04:09:11Z
dc.date.available 2024-09-06T04:09:11Z
dc.date.issued 2024-07-27
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/5220
dc.description.abstract Penelitian ini berjudul IMPLEMENTASI BUDAYA KERJA GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi di SD Negeri Bulaksari 05 Kecamatan Bantarsari Kabupaten Cilacap), Betty Irwanti, NIM. 82362223008. Penelitian ini dilatar belakangi bahwa budaya kerja seorang guru dalam proses pembelajaran sangat menentukan ketercapaian tujuan pendidikan. Budaya kerja guru dapat terlihat dari rasa bertanggungjawabnya dalam menjalankan amanah, profesi yang diembannya dan rasa tanggungjawab moral sehingga mampu meningkatkan hasil belajar peserta didiknya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan: 1) Implementasi budaya kerja guru dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik di SD Negeri Bulaksari 05 Kecamatan Bantarsari Kabupaten Cilacap; 2) Hambatan yang dihadapi; 3) Upaya yang dilakukan. Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan tesis ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif untuk mengkaji permasalahan dan memperoleh makna yang lebih mendalam. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Sedangkan informan pada penelitian ini meliputi pengawas, kepala sekolah, guru, peserta didik, dan komite sekolah. Teknik analisis data dilakukan melalui rediksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Implementasi budaya kerja guru dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik sudah terlaksana cukup baik. Namun demikian, ada aspek yang lemah yaitu masih ada beberapa guru yang belum mematuhi disiplin kerja seperti terlambat masuk mengajar dan berperilaku yang belum mencerminkan keteladanan dalam kegiatan belajar mengajar; 2) Hambatan yang dihadapi sebagai berikut: a) Budaya kerja guru belum menunjukkan kondisi yang optimal, b) Proses kegiatan belajar mengajar di kelas masih kurang maksimal, dan c) Kurangnya tenaga guru yang menyebabkan seorang guru harus mengajar diluar bidang studi yang menjadi spesialisasinya. Hal itu diperparah dengan sarana dan prasarana sekolah yang belum lengkap dan kurang mendukung dalam upaya pelaksanaan proses belajar-mengajar yang baik; 3) Upaya yang dilakukan sebagai berikut: a) Agar implementasi budaya kerja guru optimal, maka diperlukan upaya antara lain: 1) kepala sekolah selaku pemimpin diharapkan mampu menggerakkan dan mempengaruhi serta membina guru-guru agar dapat mengajar dengan disiplin, 2) Pemenuhan kebutuhan manusia (guru) dalam segala kegiatan/pekerjaan, dan 3) Adanya pengawasan yang dilaksanakan secara efektif, jujur dan objektif. b) Supaya proses kegiatan belajar mengajar di kelas lebih maksimal, maka diperlukan: 1) adanya kegiatan peningkatan kompetensi guru seperti pelatihan Kurikulum Merdeka melalui forum KKG, Komunitas Belajar, maupun Diklat Daring/Luring, 2) adanya pembinaan karier guru terutama optimalisasi e-kinerja guru berbasis Platform Merdeka Mengajar. c) Kepala sekolah mengajukan usulan ke Komite Sekolah dan Dinas terkait untuk pemenuhan guru yang sesuai dengan kualifikasi dan kompetensinya serta pemenuhan sarana dan prasarana sekolah agar memenuhi standar yang dipersyaratkan. en_US
dc.subject Budaya Kerja Guru, Hasil Belajar Peserta Didik en_US
dc.title IMPLEMENTASI BUDAYA KERJA GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi di SD Negeri Bulaksari 05 Kecamatan Bantarsari Kabupaten Cilacap) en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account