Unigal Repository

IMPLEMENTASI KINERJA MENGAJAR GURU DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi di SD Negeri Karangjati 04 Kecamatan Sampang Kabupaten Cilacap)

Show simple item record

dc.contributor.author Aris, Munawar
dc.date.accessioned 2024-09-06T03:50:22Z
dc.date.available 2024-09-06T03:50:22Z
dc.date.issued 2024-08-03
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/5219
dc.description.abstract Penelitian ini berjudul IMPLEMENTASI KINERJA MENGAJAR GURU DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi di SD Negeri Karangjati 04 Kecamatan Sampang Kabupaten Cilacap), Aris Munawar, NIM. 82362223007. Penelitian ini dilatar belakangi bahwa dalam konteks proses pembelajaran, kinerja mengajar guru akan membuat kualitas pembelajaran menjadi lebih bermakna dan memicu prestasi belajar menjadi lebih optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan: 1) Implementasi kinerja mengajar guru dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik ditinjau dari aspek perencanaan pembelajaran; 2) Implementasi kinerja mengajar guru dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik ditinjau dari aspek pelaksanaan pembelajaran; 3) Implementasi kinerja mengajar guru dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik ditinjau dari aspek penilaian dan evaluasi pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan tesis ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif untuk mengkaji permasalahan dan memperoleh makna yang lebih mendalam. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Sedangkan informan pada penelitian ini meliputi pengawas, kepala sekolah, guru dan peserta didik. Teknik analisis data dilakukan melalui rediksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Implementasi kinerja mengajar guru di SD Negeri Karangjati 04 Kecamatan Sampang Kabupaten Cilacap ditinjau dari aspek perencanaan pembelajaran sudah optimal. Hal ini terbukti dari perencanaan pembelajaran yang dilakukan dengan menyusun bahan ajar/materi pelajaran, mengembangankan silabus sesuai dengan kondisi dan kebutuhan belajar peserta didik, dan menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) secara sistematis, jelas dan realistis sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik; 2) Implementasi kinerja mengajar guru dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik di SD Negeri Karangjati 04 Kecamatan Sampang Kabupaten Cilacap ditinjau dari aspek pelaksanaan pembelajaran sudah optimal. Hal ini terbukti dari pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan dengan memilih strategi pembelajaran dan menggunakan metode pembelajaran dengan terlebih dahulu disesuaikan dengan karakteristik peserta didik, karakteristik materi pelajaran, ketersediaan sarana belajar dan alokasi waktu pembelajaran, serta menggunakan media belajar dan mendaya gunakan semua sumber belajar yang ada di lingkungan sekitar; 3) Implementasi kinerja mengajar guru dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik di SD Negeri Karangjati 04 Kecamatan Sampang Kabupaten Cilacap ditinjau dari aspek penilaian dan evaluasi pembelajaran sudah optimal. Hal ini terbukti dari penilaian dan evaluasi pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan 3 teknik penilaian yaitu tes tertulis, tes lisan dan tes perbuatan, melakukan pengelolaan hasil penilaian dan merancang program tindak lanjut serta membuat program pengayaan dan remidial. en_US
dc.subject Kinerja Mengajar Guru, Prestasi Belajar Peserta Didik en_US
dc.title IMPLEMENTASI KINERJA MENGAJAR GURU DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi di SD Negeri Karangjati 04 Kecamatan Sampang Kabupaten Cilacap) en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account