Abstract:
Didan Agus Listyanto, 3402200057. “Pengaruh Kepercayaan dan Kualitas
Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Suatu Studi Pada Mahasiswa
Pengguna Marketplace Lazada di Fakultas Ekonomi Prodi Manajemen
Angkatan 2020 Universitas Galuh Ciamis)”. Dibawah bimbingan Dr. H.
Sukomo, Drs., M.Si (Pembimbing I) dan Hj. Nina Herlina. Ir, M.M.
(Pembimbing II).
Penelitian ini difokuskan pada Pengaruh Kepercayaan dan Kualitas Produk
Terhadap Keputusan Pembelian (Suatu Studi Pada Mahasiswa Pengguna
Marketplace Lazada di Fakultas Ekonomi Prodi Manajemen Angkatan 2020
Universitas Galuh Ciamis).
Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini meliputi: 1) Seberapa besar
pengaruh kepercayaan terhadap keputusan pembelian? 2) Seberapa besar pengaruh
kualitas produk terhadap Keputusan pembelian? 3) Seberapa besar pengaruh
kepercayaan dan kualitas produk terhadap Keputusan pembelian? Adapun tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis besarnya: 1) Pengaruh
kepercayaan terhadap keputusan pembelian pada Mahasiswa pengguna
marketplace Lazada di Fakultas Ekonomi Prodi Manajemen Universitas Galuh
Ciamis. 2) Pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada
Mahasiswa pengguna marketplace Lazada di Fakultas Ekonomi Prodi Manajemen
Universitas Galuh Ciamis. 3) Pengaruh kepercayaan dan kualitas produk terhadap
keputusan pembelian pada Mahasiswa pengguna marketplace Lazada di Fakultas
Ekonomi Prodi Manajemen Universitas Galuh Ciamis.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode survei
dengan pendekatan kuantitatif. Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu
Koefisien Korelasi Sederhana, Koefisien Determinasi, Analisis Koefisien Korelasi
Berganda, Analisis Regresi Linier Berganda, Uji Hipotesis atau Uji Signifikansi
(Uji t), Uji Hipotesis atau Uji Signifikansi (Uji F). Hasil dari penelitian dan
pengolahan data menunjukkan bahwa: 1) Kepercayaan berpengaruh positif dan
signifikan terhadap Keputusan pembelian pada Mahasiswa Manajemen Angkatan
2020 pengguna marketplace Lazada. Hal ini ditunjukkan dengan hubungan yang
kuat, jika Kepercayaan naik maka naik pula Keputusan pembelian pada Mahasiswa
Manajemen Angkatan 2020 pengguna marketplace Lazada. Sedangkan besarnya
pengaruh sebesar 55,35%. 2) Kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan
terhadap Keputusan pembelian pada Mahasiswa Manajemen Angkatan 2020
pengguna marketplace Lazada. Hal ini ditunjukkan dengan hubungan kuat, jika
Kualitas Produk naik maka naik pula Keputusan pembelian pada Mahasiswa
Manajemen Angkatan 2020 pengguna marketplace Lazada. Sedangkan besarnya
pengaruh sebesar 62,56%. 3) Kepercayaan dan Kualitas produk berpengaruh positif
dan signifikan terhadap Keputusan pembelian pada Mahasiswa Manajemen
Angkatan 2020 pengguna marketplace Lazada. Hal ini ditunjukkan dengan
hubungan yang kuat, jika Kepercayaan dan Kualitas produk naik maka naik pula
Keputusan pembelian pada Mahasiswa Manajemen Angkatan 2020 pengguna
marketplace Lazada. Sedangkan besarnya pengaruh sebesar 65,9%.