Abstract:
Perkembangan teknologi yang semakin canggih di Indonesia berdampak positif khususnya terhadap mudahnya transaksi jual beli melalui e-commerce. Shopee menjadi pelopor situs belanja online yang paling sering dikunjungi sebagai sarana pembelian produk. Munculnya minat beli menjadi pengaruh dalam transaksi belanja online. Minat beli merupakan perilaku konsumen ketika memiliki keinginan dalam membeli suatu produk, kemudian melakukan pilihan yang disukainya. Fenomena ini sering terjadi dalam lingkuangan pembelian produk di shopee, dimana adanya review dan rating dapat memengaruhi minat beli konsumen. Adapun tujuan dalam penelitian ini meliputi: untuk mengetahui pengaruh online customer review terhadap minat beli konsumen; mengetahui bagaimana pengaruh online customer rating terhadap minat beli konsumen; mengetahui bagaimana pengaruh online customer review dan online customer rating terhadap minat beli konsumen. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, dengan penyebaran kuesioner kepada 97 konsumen pengguna shopee di Kelurahan Parakannyasag. Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan kuesioner. Sedangkan untuk menganalisis data yang digunakan adalah dengan analisis deskriptif dan asosiatif. Hasil penilitian ini menunjukkan bahwa online customer review berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen; online customer rating berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen; online customer review dan online customer rating berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen.