Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran
kooperatif tipe STAD terhadap kemampuan koneksi matematis dan self concept
siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi-experiment dengan desain
posttest only control group design. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1
Cijeunjing dengan populasi berjumlah delapan kelas. Teknik sampling yang
digunakan yaitu purposive sampling dengan sampel penelitian terdiri dari dua
kelas, di mana satu kelas sebagai kelompok kontrol yang menggunakan
pembelajaran konvensional, dan satu kelas sebagai kelompok eksperimen yang
menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Teknik analisis data
menggunakan uji normalitas dan homogenitas sebagai uji prasyarat, kemudian
hasil uji hipotesis menggunakan uji perbedaan dua rata-rata dan effect size. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe
STAD mempengaruhi kemampuan koneksi matematis siswa dibandingkan dengan
pembelajaran konvensional. Selain itu, terdapat pengaruh self concept siswa antara
kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional dan setelah mengikuti
pembelajaran dengan model STAD. Hal ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh
model pembelajaran koopertif tipe STAD terhadap kemampuan koneksi matematis
dan self concept siswa di tingkat pendidikan menengah.