| dc.contributor.author | Purwanto, Andre | |
| dc.date.accessioned | 2024-09-03T01:04:19Z | |
| dc.date.available | 2024-09-03T01:04:19Z | |
| dc.date.issued | 2024-09-02 | |
| dc.identifier.other | 2118200019 | |
| dc.identifier.uri | http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/5149 | |
| dc.description.abstract | Latar belakang masalah pada penelitian ini adalah kemampuan penalaran matematis siswa SMP masih rendah. Dari berbagai literatur kajian pustaka dan penelitian yang dilakukan sebelumnya, diprediksi bahwa pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kontekstual melalui model problem based learning dapat membantu siswa dalam memperbaiki kemampuan penalaran matematis yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan penalaran matematis siswa antara yang menggunakan pendekatan kontekstual melalui model problem based learning dengan yang menggunakan pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimental dengan desain penelitian nonequivalent pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Banjar. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VIII-F sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-H sebagai kelas kontrol dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa soal tes kemampuan penalaran matematis. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan terdapat perbedaan peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa antara yang menggunakan pendekatan kontekstual melalui model problem based learning dengan yang menggunakan pembelajaran konvensional. Penerapan pendekatan kontekstual melalui model problem based learning memunculkan inovasi baru untuk memecahkan masalah dalam proses pembelajaran yang sedang berlangsung. Penerapan pendekatan kontekstual melalui model problem based learning menumbuhkan rasa percaya diri siswa agar ikut terlibat menyampaikan pendapatnya. | en_US |
| dc.description.sponsorship | Asep Amam Ai Tusi Fatimah | en_US |
| dc.language.iso | other | en_US |
| dc.publisher | Pendidikan Matematika/FKIP | en_US |
| dc.subject | Pendekatan Kontekstual | en_US |
| dc.subject | Model Problem Based Learning | en_US |
| dc.subject | Kemampuan Penalaran Matematis | en_US |
| dc.title | Penerapan Pendekatan Kontekstual Melalui Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa | en_US |
| dc.type | Other | en_US |