Abstract:
Aa Numan Tazki Ramdan. Judul Skripsi “Pengaruh Model Project Based Learning (PJBL) Terhadap Hasil Belajar Kognitif Tingkat Tinggi Siswa Pada Materi Sistem Reproduksi Manusia”. Penyusunan skripsi ini dibawah bimbingan Dr.H.Adun Rusyana,M.Pd., sebagai pembimbing I dan Dr.H.Toto,M.Pd sebagai pembimbing II.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Project Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar kognitif tingkat tinggi siswa pada mata pelajaran biologi. Penelitian dilaksanakan pada bulan Mei 2024 dengan populasi dan sampel terdiri dari seluruh siswa kelas XI IPA 1 SMA 1 Baregbeg, yang berjumlah 24 siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest Design. Instrumen yang digunakan adalah tes tertulis berupa soal esai yang berpedoman pada indikator berpikir tingkat tinggi (HOTS). Data hasil penelitian dianalisis secara statistik melalui uji normalitas dan uji hipotesis menggunakan uji Z. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Project Based Learning (PjBL) berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif tingkat tinggi siswa pada materi sistem reproduksi manusia. Hal ini dibuktikan dengan data yang berdistribusi normal dan hipotesis diterima, di mana hasil uji Z menunjukkan Zhitung ≥ Ztabel dengan nilai Zhitung 3,12 ≥ 1,65. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa model Project Based Learning memiliki pengaruh signifikan terhadap hasil belajar kognitif tingkat tinggi siswa pada materi sistem reproduksi.