Abstract:
Cipta Cahyani. 3402200479. Pengaruh Orientasi Pasar dan Strategi
Pemasaran Terhadap Kinerja Pemasaran (Studi pada UMKM di Kecamatan
Baregbeg Kabupaten Ciamis). Dibawah bimbingan Dr. Hj. Aini Kusniawati,
M.M. (Pembimbing I) dan Faizal Haris Eko Prabowo, S.E.,M.M
(Pembimbing II).
Keberadaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kecamatan Baregbeg
mempunyai peran sangat penting dalam pembangunan ekonomi masyarakat
karena dapat menyerap tenaga kerja, namun demikian UMKM di Kecamatan
Baregbeg menghadapi berbagai permasalahan diantaranya kurangnya kemampuan
untuk beradaptasi terhadap pengaruh lingkungan yang dinamis, kurang cekatan
dalam melihat peluang pasar, kurangnya inovasi dan kreatif dalam mengantisipasi
berbagai tantangan. Sedangkan kelemahan internal yang dihadapi UMKM yaitu
kurangnya kemampuan manajerial dan keterampilan, kurangnya akses terhadap
teknologi informasi, pemasaran, permodalan dan pasar. Tujuan penelitian ini
untuk mengetahui pengaruh orientasi pasar dan strategi pemasaran terhadap
kinerja pemasaran pada UMKM di Kecamatan Baregbeg Kabupaten Ciamis.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan
survey. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis
verifikatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data menunjukkan
bahwa: Orientasi pasar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja
pemasaran pada UMKM di Kecamatan Baregbeg Kabupaten Ciamis dan memiliki
hubungan sangat kuat. Dengan kata lain jika Orientasi pasar meningkat maka akan
meningkatkan kinerja pemasaran. Strategi pemasaran berpengaruh positif dan
signifikan terhadap kinerja pemasaran pada UMKM di Kecamatan Baregbeg
Kabupaten Ciamis dan memiliki hubungan kuat. Dengan kata lain jika Strategi
pemasaran meningkat maka akan meningkatkan kinerja pemasaran. Orientasi
pasar dan strategi pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja
pemasaran pada UMKM di Kecamatan Baregbeg Kabupaten Ciamis memiliki
hubungan sangat kuat. Dengan kata lain jika orientasi pasar dan strategi
pemasaran meningkat maka akan meningkatkan kinerja pemasaran.