Abstract:
Tujuan dari penelitian yaitu menggambarkan Kemampuan Komunikasi Matematis peserta didik SMK Agribisnis konsentrasi keahlian Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian (APHP) melalui pembelajaran berbasis proyek pembuatan Banana Cake. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan strategi studi kasus. Partisipan pada penelitian ini sebanyak 17 orang yang merupakan peserta didik kelas X Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian (APHP). Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini yaitu Lembar Kerja Peserta Didik berbasis Proyek Pembuatan Banana Cake, Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Adapun analisis data dirumuskan dalam 7 tahapan diataranya Identify research question, Determine analytic categories, Read data and establish grounded categories, Determine criteria of selecting for sorting data, Sorting the data into various categories, Review textual materials as sorted into various categories, Consiers the patterns of relevant literature of theory; your finding; the extant literature on subject. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Hubungan antara pembuatan Banana Cake terhadap konsep bangun ruang adalah adanya kesamaan unsur-unsur yang terdapat pada alat, bahan dan bentuk Banana Cake dengan bangun ruang dimensi tiga (balok dan kubus) serta kedudukan dan jarak pada bangun ruang dimensi tiga; Sintaks pembelajaran berbasis proyek pembuatan Banana Cake memuat 6 fase yang bersumber dari Kemendikbud 2014 yang terlaksana dengan runtut dan sistematis; Implementasi pembelajaran berbasis proyek pembuatan Banana Cake dapat dinyatakan telah terlaksana dengan baik hal ini terlihat dari ketercapain sintaks model pembelajaran dan keaktifan dari peserta didiknya dan; Peserta didik kelas X (Sepuluh) APHP SMKN 1 Cipaku telah memenuhi indikator kemampuan komunikasi matematis.