Abstract:
ABSTRAK
LAILA PUTRI LIANI, NIM. 3402200246. “Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian (Suatu Studi Pengguna Marketplace Shopee pada Mahasiswa Angkatan 2020 Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis)”. Dibawah bimbingan Mochamad Aziz Basari, S.Sos.,M.M (Pembimbing I) dan Mukhtar Abdul Kader, S.E.,M.M (Pembimbing II).
Penelitian ini difokuskan pada pengaruh online customer review dan online customer rating terhadap keputusan pembelian (Suatu Studi Pengguna Marketplace Shopee pada Mahasiswa Angkatan 2020 Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis). Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini meliputi, bagaimana pengaruh online customer review terhadap keputusan pembelian pada pengguna marketplace shopee, bagaimana pengaruh online customer rating terhadap keputusan pembelian pada pengguna marketplace shopee, bagaimana pengaruh online customer review dan online customer rating terhadap keputusan pembelian pada pengguna marketplace shopee. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, pengaruh online customer review terhadap keputusan pembelian pada pengguna marketplace shopee, pengaruh online customer rating terhadap keputusan pembelian pada pengguna marketplace shopee, pengaruh online customer review dan online customer rating terhadap keputusan pembelian pada pengguna marketplace shopee. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh digunakan analisis Desktiptif dan Verifikatif. Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukkan bahwa online customer review berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, online customer rating berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, online customer review dan online customer rating berpengaruh positif dan simultan (bersama-sama) terhadap keputusan pembelian pengguna marketplace shopee. Bagi peneliti selanjutnya, untuk penelitian selanjutnya dapat ditambahkan variabel lain yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen.
Kata Kunci : Online Customer Review, Online Customer Rating, Keputusan Pembelian