Abstract:
ABSTRAK
Irpan Maulana, NIM 3402200293. “Pengaruh Customer Relationship Management dan Corporate Social Responsibility Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Pelanggan Muara Cosmetics Tasikmalaya)” Dibawah bimbingan Bapak Dr. H. Yusup Iskandar, S.E., M.M (Pembimbing I) dan Bapak H. Iwan Setiawan, S.E., M.M (Pembimbing II).
Penelitian ini difokuskan pada Pengaruh Customer Relationship Management dan Corporate Social Responsibility terhadap Loyalitas Pelanggan pada Muara Cosmetics Tasikmalaya. Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini meliputi : 1) Bagaimana Pengaruh Customer Relationship Management terhadap Loyalitas Pelanggan di Muara Cosmetics Tasikmalaya. 2) Bagaimana Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Loyalitas Pelanggan pada Muara Cosmetics Tasikmalaya. 3) Bagaimana Pengaruh Customer Relationship Management dan Corporate Social Responsibility terhadap Loyalitas Pelanggan pada Muara Cosmetics Tasikmalaya. Tujuan penelitian ini adalah 1) Besar Pengaruh Customer Relationship Management terhadap Loyalitas Pelanggan pada Muara Cosmetics Tasikmalaya. 2) Besar Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Loyalitas Pelanggan pada Muara Cosmetics Tasikmalaya. 3) Besar Pengaruh Customer Relalionship Management dan Corporate Social Responsibility terhadap Loyalitas Pelanggan pada Muara Cosmetics Tasikmalaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan kuantitatif. Untuk metode menganalisis data yang diperoleh digunakan analisis deskriptif dan verifikatif. Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukan bahwa Customer Relationship Management termasuk dalam interpretasi kategori tinggi. Corporate Social Responsibility termasuk dalam interpretasi kategori tinggi. Loyalitas Pelanggan termasuk interpretasi kategori cukup tinggi. Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukan bahwa 1) Customer Relationship Management berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan adapun besarnya pengaruh sebesar 51,55% sedangkan 48,45% dipengaruhi oleh faktor lain. 2) Corporate Social Responsibility berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan adapun besarnya pengaruh sebesar 48,58% sedangkan 51,42% dipengaruhi oleh faktor lain. 3) Customer Relationship Management dan Corporate Social Responsibility berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan adapun besarnya pengaruh sebesar 58,06% sedangkan 41,94% dipengaruhi oleh faktor lain.
Kata Kunci: Customer Relationship Management, Corporate Social Responsibility, Loyalitas Pelanggan