Abstract:
Annisa Zulfa Dzakiyah B. Judul Skripsi “Pengaruh Model Pembelajaran PjBL Menggunakan Media Information and Communication Learning (ICT) terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa SMA Pada Mata Pelajaran Biologi”. Penyusunan skripsi ini dibawah bimbingan Endang Hardi, Drs.M.Pd sebagai pembimbing I dan Taupik Sopyan, S.Pd., M.Si. sebagai pembimbing II.
Dalam menyampaikan materi guru perlu menggunakan model pembelajaran untuk menyampaikan materi yang membuat siswa dapat tertarik untuk mengikuti pelajaran yang disampaikan oleh guru. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa perlu diciptakan situasi belajar yang menarik, merangsang peserta didik untuk berperan secara aktif dan kreatif dalam proses pembelajaran. Seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi serta komunikasi, sangat berpengaruh terhadap penyusunan dan implementasi model pembelajaran. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PjBL menggunakan media Information and Communication Technology (ICT) terhadap hasil belajar kognitif siswa SMA pada mata pelajaran biologi. Waktu penelitian Januari sampai Juni. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas XI SMAN 3 Banjar. Sampel yang digunakan adalah kelas XI MIPA 4. Penelitian ini menggunakan metode Pre Eksperimental dengan desain yang digunakan adalah jenis One-Group Pretest-Posttest Design. Hasil akhir dari penelitian ini adalah hipotesis diterima dengan kesimpulan terdapat pengaruh model pembelajaran PjBL menggunakan media Information and Communication Technology (ICT) terhadap hasil belajar kognitif siswa SMA pada mata pelajaran biologi. Hal ini ditunjukkan dengan nilai Zhitung > Ztabel yaitu 2,73 > 1,65.