dc.contributor.author |
PUTRI YULIANI, TRIE |
|
dc.date.accessioned |
2024-08-22T03:00:40Z |
|
dc.date.available |
2024-08-22T03:00:40Z |
|
dc.date.issued |
2024-08-22 |
|
dc.identifier.uri |
http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/4892 |
|
dc.description.abstract |
Trie Yuliani Putri (2107200033) “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Powerpoint Terhadap Hasil belajar Peserta didik (Studi Quasi Eksperimen pada Mata Pelajaran Ekonomi Kompetensi APBN dan APB di Kelas XI IPS di MAN 2 Pangandaran)”. Penulisan skripsi ini dibawah bimbingan bapak Nur Rizqi Arifin, S. Pd., M. Pd. selaku pembimbing I dan ibu Rini Agustin Eka Yanti, S. Pd., M. Pd selaku Pembimbing II.
Rendahnya hasil belajar peserta didik merupakan masalah yang terjadi dalam penelitian ini, karena hasil belajar merupakan kompetensi atau kemampuan tertentu yang dicapai oleh peserta didik setelah pengikuti kegiatan pembelajaran. Dimana hasil pembelajarannya menjadi tolak ukur untuk mencapai keberhasilan proses belajar dan pembelajarnya. Yang mana hasil pemilihan media pembelajaran dengan tipe yang tepat digunakan oleh pendidik. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: 1). Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan media pembelajaran audio visual berbasis Powerpoint pada pengukuran awal (Pretest) dan pengukuran akhir (Posttest) di kelas eksperimen. 2). Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan media pembelajaran visual berbasis Powerpoint pada pengukuran awal (Pretest) dan pengukuran akhir (Posttest) di kelas kontrol. 3). Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan media pembelajaran audio visual berbasis Powerpoint pada kelas eksperimen dibanding dengan hasil belajar peserta didik yang menggunakan media pembelajaran visual berbasis Powerpoint di kelas kontrol pada pngukuran akhir (Posttest). Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen (quasi eksperimen). Teknik analisis data yang dilakukan dengan uji t. Hasil penelitian menunjukan: 1). Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan media pembelajaran audio visual berbasis Powerpoint pada pengukuran awal (Pretest) dan Pengukuran akhir (Posttest) di kelas eksperimen. 2). Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan media pembelajaran visual berbasis Powerpoint pada pengukuran awal (Pretest) dan pengukuran Akhir (Posttest) di kelas kontrol. 3). Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan media pembelajaran audio visual berbasis Powerpoint pada kelas eksperimen dibanding dengan hasil belajar peserta didik yang menggunakan media embelajaran visual berbasis Powerpoint di kelas kontrol pada pengukuran akhir (Posttest). |
en_US |
dc.description.sponsorship |
Arifin, Rizqi, Nur.
Yanti, Eka, Agustin, Rini. |
en_US |
dc.subject |
media pembelajaran, audio visual, hasil belajar peserta didik |
en_US |
dc.title |
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL BERBASIS POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK |
en_US |
dc.title.alternative |
(Studi Quasi Eksperimen pada Mata Pelajaran Ekonomi Kompetensi APBN dan APBD di Kelas XI IPS di MAN 2 Pangandaran) |
en_US |
dc.type |
Article |
en_US |