Abstract:
Fatra Ramadhan. 3402200212. Pengaruh Green Brand Image dan Brand Trust
Terhadap Brand Loyalty (Studi pada Konsumen Smartphone Samsung di
Phoenix Cell Ciamis). Di bawah bimbingan Bapak Dr. H. Yusup
Iskandar,S.E., M.M. (Pembimbing I) dan Ibu Marlina Nur Lestari, S.E., M.M.
(Pembimbing II).
Penelitian ini difokuskan pada pengaruh green brand image dan brand trust terhadap
brand loyalty pada Konsumen Smartphone Samsung di Phoenix Cell Ciamis.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1)Bagaimana pengaruh greend
brand image terhadap brand loyalty pada smartphone Samsung di Phoenix Cell
Ciamis?; 2) Bagaimana pengaruh brand trust terhadap brand loyalty pada
smartphone Samsung di Phoenix Cell Ciamis?; 3) Bagaimana pengaruh green
brand image dan brand trust terhadap brand loyalty pada smartphone Samsung di
Phoenix Cell Ciamis?. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan
menganalisis: 1) Besaran pengaruh greend brand image terhadap brand loyalty pada
smartphone Samsung di Phoenix Cell Ciamis; 2) Besaran pengaruh brand trust
terhadap brand loyalty pada smartphone Samsung di Phoenix Cell Ciamis; 3)
Besaran pengaruh green brand image dan brand trust terhadap brand loyalty pada
smartphone Samsung di Phoenix Cell Ciamis. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode penelitian survey dengan pendekatan data kuantitatif.
Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen smartphone Samsung di Phoenix Cell
Ciamis pada bulan Desember 2022 sampai dengan November 2023 yaitu sebanyak
1.060 orang, sampel yang dipilih adalah sebanyak 91 orang. Dalam penelitian ini
pengumpulan data dilakukan melalui beberapa teknik yaitu studi kepustakaan, studi
lapangan dan penyebaran angket. Adapun hasil penelitian adalah sebagai berikut: 1)
Terdapat pengaruh positif dan signifikan green brand image terhadap brand loyalty
pada Smartphone Samsung di Phoenix Cell Ciamis. Artinya jika green brand image
sudah baik, maka brand loyalty akan meningkat; 2) Terdapat pengaruh positif dan
signifikan brand trust terhadap brand loyalty pada Smartphone Samsung di
Phoenix Cell Ciamis. Artinya jika brand trust sudah tinggi, maka brand loyalty
akan meningkat; 3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan green brand image
dan brand trust terhadap brand loyalty pada Smartphone Samsung di Phoenix Cell
Ciamis. Artinya jika green brand image dan brand trust sudah baik, maka brand
loyalty akan meningkat.
Kata Kunci: Green Brand Image, Brand Trust dan Brand Loyalty