Abstract:
ABSTRAK
Muhamad Fadil Pamungkas, NIM. 3403190157. “Pengaruh Leverage dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Survei pada Perusahaan sub sektor Food and Beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2021)” Dibawah bimbingan Eva Faridah, S.E., M.Si (Pembimbing I), dan Benny Prawiranegara, S.E., M.M (pembimbing II).
Penelitian ini dilatar berlakangi karena rata-rata price eraning ratio sebagai alat ukur nilai perusahaan pada sub sektor Food and Beverage cenderung mengalami penurunan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh leverage dan profitabilitas secara parsial dan simultan terhadap nilai perusahaan pada Perusahaan sub sektor Food and Beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2017-2021. Metode yang digunakan yaitu deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Adapun teknik sampling yang digunakan yaitu perposive sampling dengan total 7 perusahaan. analisis yang digunakan yaitu uji asumsi klasik, koefisien korelasi, koefisien determinasi, koefisien regresi bergandan dan uji hipotesis (uji t dan uji F). Hasil penelitian menunjukkan 1)Leverage berpengaruh tidak signifikan terhadap nilai perusahaan pada sub sektor Food and Beverage yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2021; 2)Profitabilitas berpengaruh negatif dan signifikan terhadap nilai perusahaan pada sub sektor Food and Beverage yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2021; 3) Leverage dan profitabilitas berpengaruh negatif dan signifikan terhadap nilai perusahaan pada sub sektor Food and Beverage yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2021. Sebaiknya fokus pada efisiensi operasional untuk mengurangi biaya dan meningkatkan marjin keuntungan. Evaluasi proses produksi, rantai pasokan, dan kegiatan operasional lainnya untuk mengidentifikasi area penghematan.
Kata Kunci : Leverage, Profitabilitas dan Nilai Perusahaan