Abstract:
Penelitian ini difokuskan pada Pengaruh Switching Cost dan Customer Satisfaction Terhadap Customer Loyalty (Survey Terhadap Pengguna Kartu Seluler Prabayar Telkomsel di Ciamis). Permasalahan penelitian ini dirumuskan sebagai berikut: 1) Apakah switching cost berpengaruh terhadap customer loyalty ?; 2) Apakah customer satisfaction berpengaruh terhadap customer loyalty ?; 3) Apakah switching cost dan customer satisfaction berpengaruh terhadap customer loyalty ?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) Pengaruh Switching Cost terhadap Customer Loyalty pengguna kartu telkomsel. 2) Pengaruh customer satisfaction terhadap customer loyalty pengguna kartu telkomsel. 3) Pengaruh switching cost dan customer satisfaction terhadap customers loyalty pengguna kartu telkomsel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif sedangkan untuk teknik pengambilan sample dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Untuk metode menganalisis data menggunakan metode statistik yaitu dengan analisis regresi sederhana yang meliputi koefisien korelasi sederhana, koefisien determinasi, regresi linier sederhana dan regresi berganda meliputi koefisien korelasi berganda, koefisien determinasi, regresi linier berganda dan pengujian hipotesis (uji t dan uji F). Hasil penelitian dan pengolahan data menunjukan bahwa: 1) Switching cost berpengaruh positif terhadap customer loyalty pada pengguna kartu seluler prabayar telkomsel di ciamis dan memiliki hubungan kuat. Dengan kata lain jika switching cost meningkat maka akan meningkatkan customer loyalty. 2) Customers satisfaction berpengaruh positif terhadap customer loyalty pada pengguna kartu seluler kartu prabayar telkomsel di ciamis dan memiliki hubungan kuat. Dengan kata lain jika Customer satisfaction meningkat maka akan meningkatkan customer loyalty. 3) Switching Cost dan Customer satisfaction berpengaruh positif terhadap customer loyalty pada pengguna kartu seluler prabayar telkomsel di ciamis dan memiliki hubungan sangat kuat. Dengan kata lain jika switching cost dan customer satisfaction meningkat maka akan meningkatkan customer loyalty.