| dc.contributor.author | Rista, R | |
| dc.date.accessioned | 2024-08-20T06:07:36Z | |
| dc.date.available | 2024-08-20T06:07:36Z | |
| dc.date.issued | 2024-08-20 | |
| dc.identifier.uri | http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/4837 | |
| dc.description.abstract | Penelitian ini didasari oleh rendahnya kemampuan hasil belajar kognitif siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kognitif siswa pada materi psikotropika yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media sosial YouTube dengan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimen semu melalui Two Group Pretest-Posttest Control Design. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 3 Ciamis dengan sampel siswa kelas XI IPA MAN 3 Ciamis yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa tes tulis pretest dan posttest dengan 7 soal essay. Data dianalisis secara statistik menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan uji W (Wilcoxon). Hasil menunjukkan nilai Whitung < Wdaftar yaitu 0 < 25,504 yang berarti terdapat perbedaan hasil belajar kognitif siswa antara yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media sosial YouTube dengan model pembelajaran konvensional. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media sosial YouTube dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada materi psikotropika. | en_US |
| dc.description.sponsorship | Dr. Hj. Euis Erlin Dra., M.Kes dan Yoyon Sutresna Drs., M.Kes, | en_US |
| dc.publisher | Pendidikan Biologi | en_US |
| dc.title | Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning berbantuan Media Sosial YouTube terhadap Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Materi Psikotropika | en_US |
| dc.type | Thesis | en_US |