Abstract:
Penelitian ini didasari oleh rendahnya kemampuan hasil belajar kognitif siswa.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kognitif
siswa pada materi psikotropika yang menggunakan model pembelajaran Discovery
Learning berbantuan media sosial YouTube dengan model pembelajaran
konvensional. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain
eksperimen semu melalui Two Group Pretest-Posttest Control Design. Penelitian
ini dilaksanakan di MAN 3 Ciamis dengan sampel siswa kelas XI IPA MAN 3
Ciamis yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang
digunakan berupa tes tulis pretest dan posttest dengan 7 soal essay. Data dianalisis
secara statistik menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis
dengan uji W (Wilcoxon). Hasil menunjukkan nilai Whitung < Wdaftar yaitu 0 < 25,504
yang berarti terdapat perbedaan hasil belajar kognitif siswa antara yang
menggunakan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media sosial
YouTube dengan model pembelajaran konvensional. Kesimpulan penelitian ini
adalah bahwa penerapan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan
media sosial YouTube dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada materi
psikotropika.