Abstract:
ABSTRAK
CYNDY ARIYANTI, 2024. KINERJA PERUSAHAAN UMUM DAERAH
AIR MINUM TIRTA GALUH DALAM PENYEDIAAN AIR BERSIH DI
KABUPATEN CIAMIS, Dibawah bimbingan Bapak Eet Saeful Hidayat,
S.IP., M.Si., dan Bapak H. Ahmad Juliarso, S.IP., M.Si.
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kompetensi pegawai ditandai seperti
kurangnya ketelitian yang dilakukan oleh para pegawai ketika memperbaiki
peralatan dalam penyediaan air bersih. Kurangnya pengetahuan pegawai.
Lemahnya resposivitas Perumdam Tirta Galuh ditandai seperti kurang cepat dalam
menangani keluhan dari masyarakat. Kepuasan pengguna terhadap pelayanan
penyediaan air bersih oleh Perumdam Tirta Galuh masih kurang hal ini disebabkan
karena sering kali terjadi permasalahan mengenai distribusi air seperti debit air yang
mengalir kecil dan kondisi air kurang bersih. Rumusan masalah penelitian ini
adalah : ”Bagaimana Kinerja Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Galuh
Dalam Penyediaan Air Bersih Di Kabupaten Ciamis?”. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Jumlah Informan dalam penelitian
ini sebanyak 8 orang. Adapun teknik pengumpulan datanya yaitu studi kepustakaan,
studi lapangan (observasi dan wawancara). Selanjutnya teknik pengolahan/analisis
data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data dan menarik
kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian bahwa Kinerja Perusahaan Umum Daerah
Air Minum Tirta Galuh Dalam Penyediaan air Bersih di Kabupaten Ciamis sudah
berjalan namun belum optimal. Adapun hambatan-hambatan yang dihadapi yaitu
kurangnya pelatihan-pelatihan yang diselenggarakan oleh Perumdam Tirta Galuh,
kurangnya respon yang diberikan Perumdam Tirta Galuh kepada masyarakat ketika
ada keluhan dan lamanya proses perbaikan apabila ada permasalahan mengenai
distribusi air bersih, kurangnya kinerja organisasi karena air yang dihasilkan
debitnya masih terkadang kecil, keruh, dan berbau kaporit. Adapun upaya-upaya
yang dapat dilakukan yaitu dengan cara meningkatkan kompetensi pegawai dengan
cara menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan, pemberian reward dan lebih
sering melakukan monitoring kinerja secara berkala, melakukan pengujian air
berkala untuk memantau kualitas air yang diproses dan di distribusikan dan
mengganti pipa-pipa yang sudah lama untuk mengurangi masuknya kontaminan
kedalam sistem agar masyarakat pengguna layanan pun kebutuhannya dan
harapannya dapat terpenuhi.
Kata Kunci : Kinerja, Perumdam Tirta Galuh, Air Bersih.