Abstract:
ABSTRAK
Anggi Adha Firdaus. NIM 3402190615. Pengaruh Personal Selling dan
Payment By Credit terhadap Penjualan (Suatu Studi Pada Rama Optik).
Dibawah bimbingan Bapak Mochamad Aziz Basari, S.Sos.,M.M,
(Pembimbing I) dan Ibu Risna Kartika, S.E., M.M. (Pembimbing II).
Penelitian ini difokuskan pada pengaruh personal selling dan payment by credit
terhadap penjualan pada Rama Optik. Permasalahan yang terjadi pada penelitian
ini meliputi: 1) Bagaimana pengaruh personal selling terhadap penjualan di Rama
Optik?; 2) Bagaimana pengaruh payment by credit terhadap penjualan di Rama
Optik?; 3) Bagaimana pengaruh personal selling dan payment by credit terhadap
penjualan di Rama Optik?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui dan menganalisis: 1) Pengaruh personal selling terhadap penjualan di
Rama Optik; 2) Pengaruh payment by credit terhadap penjualan di Rama Optik;
3) Pengaruh personal selling dan payment by credit berpengaruh terhadap
penjualan di Rama Optik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
metode survei dengan pendekatan kuantitatif sedangkan untuk teknik
pengambilan sample dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random
sampling. Untuk metode menganalisis data mengunakan metode statistik yaitu
dengan analisis regresi sederhana yang meliputi koefisien korelasi sederhana,
koefesien determinasi, regresi linier sederhana dan regresi berganda meliputi
koefesien korelasi berganda, koefisien determinasi, regresi linier berganda dan
pengujian hipotesis (uji t dan uji F). Dari hasil penelitian, dapat ditarik suatu
simpulan sebagai berikut: 1) Personal selling berpengaruh terhadap penjualan
pada Rama Optik Ciamis, dengan demikian hipotesis diterima dan teruji
kebenarannya artinya semakin baik personal selling maka penjualan pada Rama
Optik Ciamis akan meningkat, begitu pula sebaliknya; 2) Payment by credit
berpengaruh terhadap penjualan pada Rama Optik Ciamis, dengan demikian
hipotesis diterima dan teruji kebenarannya artinya semakin baik payment by credit
maka penjualan pada Rama Optik Ciamis akan meningkat, begitu pula sebaliknya;
3) Personal selling dan payment by credit berpengaruh terhadap penjualan pada
Rama Optik Ciamis, dengan demikian hipotesis diterima dan teruji kebenarannya
artinya semakin baik personal selling dan payment by credit maka penjualan pada
Rama Optik Ciamis akan meningkat, begitu pula sebaliknya.
Kata Kunci: Personal Selling, Payment By Credit dan Penjualan