dc.description.abstract |
Inda Cahyani. 3402200446. “Pengaruh Review Produk dan Affiliate
marketing terhadap Minat Beli Produk (Suatu Studi pada Konsumen
Fashion di Marketplace Shopee di Kecamatan Cipaku)”. Di bawah
bimbingan Ibu Dr. Hj. Aini Kusniawati, M.M. sebagai Pembimbing I dan
Bapak Faizal Haris Eko Prabowo, S.E., M.M. sebagai Pembimbing II
Perkembangan teknologi membawa dampak dalam kegiatan jual beli yaitu yang
sebelumnya dilakukan secara offline sekarang dapat dilakukan secara online.
Salah satu marketplace yang sering digunakan adalah shopee dengan kategori
produk yang paling banyak diminati yaitu produk fashion. Ketika melakukan
pembelian produk fashion secara online, konsumen tidak bisa melihat dan
merasakan secara langsung bagaimana kondisi produknya. Sebelum melakukan
pembelian, konsumen akan mencari informasi-informasi yang berkaitan dengan
produk maupun toko online, salah satunya dari review produk dan rekomendasi
dari orang lain yaitu dengan melihat konten affiliate marketing. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis; Pengaruh review produk
terhadap minat beli produk; Pengaruh affiliate marketing terhadap minat beli
produk; Pengaruh review produk dan affiliate marketing terhadap minat beli
produk. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey
dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu konsumen
fashion di marketplace shopee di Kecamatan Cipaku. Teknik sampling berupa
purposive sampling dan jumlah sampel sebanyak 96 orang. Untuk menganalisis
data yang diperoleh digunakan analisis regresi linier sederhana dan berganda,
koefisien korelasi sederhana dan berganda, koefisien determinasi, uji hipotesis (uji
t) dan juga uji f. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa review produk
berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli produk, affiliate marketing
berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli produk, review produk dan
affiliate marketing secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan
terhadap minat beli produk. |
en_US |