Abstract:
Penelitian ini didasarkan pada pentingnya keterampilan berpikir kritis yang harus
diajarkan kepada siswa agar mereka dapat menerapkan ilmunya untuk memecahkan
masalah sehingga dapat menerapkan idenya dalam penelitian teknologi, kemajuan
akademik, dan pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
adanya pengaruh implementasi model Problem Based Learning terhadap
keterampilan berpikir kritis siswa pada materi komponen ekosistem. Waktu
penelitian di bulan Mei tahun 2024. Penelitian ini melibatkan populasi yang terdiri
dari siswa kelas X di SMAN 1 Sukahaji. Sampel yang digunakan kelas X 8
sebanyak 36 orang terlibat dalam penelitian ini. Metode pengambilan sampel yang
digunakan adalah Purposive Sampling. Penelitian ini menggunakan jenis Quasi
Eksperimen dengan desain spesifik One Group Pretest-Posttest. Data yang
diperoleh dianalisis secara statistik, mencakup uji Gain, uji normalitas, serta uji
hipotesis (uji Z). Hasil analisis menunjukkan bahwa pada taraf signifikansi 5%, uji
hipotesis dengan uji Z menghasilkan Zhitung 3,57 dan Ztabel 1,65. Dengan demikian,
karena Zhitung > Ztabel, hipotesis tersebut menunjukkan adanya pengaruh dari
implementasi Model Problem Based Learning terhadap keterampilan berpikir kritis
siswa pada materi komponen ekosistem