Unigal Repository

Pengaruh Penerapan Model Prolem Based Learning Menggunakan Aplikasi Quizizz Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik

Show simple item record

dc.contributor.author Maritza, Septi
dc.date.accessioned 2024-08-19T06:41:30Z
dc.date.available 2024-08-19T06:41:30Z
dc.date.issued 2024-08-19
dc.identifier.other Septi Maritza
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/4801
dc.description.abstract Septi Maritza. Judul Skripsi “Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Menggunakan Aplikasi Quizizz Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik”. Penyusun skripsi ini di bawah bimbingan Dr. Adi Maladona, S.Pd., M.Pd., sebagai Pembimbing I dan Endang Hardi, Drs., M.Pd., sebagai Pembimbing II. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan berpikir tingkat tinggi yang masih rendah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Adakah Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Menggunakan Aplikasi Quizizz Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik. Penelitian dilakukan pada bulan Januari-Juni 2024 di kelas XI-7 SMA Negeri 2 Banjar. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen semu (Quasi Eksperimental). Desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest Posttest. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Banjar yang mengambil mata pelajaran biologi yang terdiri dari enam kelas dengan jumlah peserta didik 213. Sampel pada penelitian adalah kelas XI-7 SMA Negeri 2 Banjar. Anggota populasi pada penelitian ini terdiri dari satu kelas dengan jumlah 33 peserta didik. Instrumen yang digunakan yaitu berupa tes tertulis dalam bentuk soal pilihan ganda (PG). Data hasil penelitian ini dianalisis secara statistik dengan menggunakan uji Z. Hasil penelitian menunjukkan adanya Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Menggunakan Aplikasi Quizizz Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik pada materi sistem gerak pada manusia. Hal ini ditunjukan dengan peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi dinilai dengan rata-rata 0,60 dengan data berdistribusi normal dan uji hipotesis statistik diterima. Berdasarkan perhitungan uji Z diketahui bahwa Zhitung ≥ Ztabel dimana nilai Zhitung 2,14 ≥ Ztabel 1,65. Sehingga dapat disimpulkan model Problem Based Learning berbasis media Quizizz terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik pada Materi Sistem Gerak pada Manusia. en_US
dc.description.sponsorship Maladona, Adi; Hardi, Endang en_US
dc.language.iso en en_US
dc.publisher Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan en_US
dc.subject Prolem Based Learning, Quizizz, Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) en_US
dc.title Pengaruh Penerapan Model Prolem Based Learning Menggunakan Aplikasi Quizizz Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account