dc.contributor.author |
Maritza, Septi |
|
dc.date.accessioned |
2024-08-19T06:41:30Z |
|
dc.date.available |
2024-08-19T06:41:30Z |
|
dc.date.issued |
2024-08-19 |
|
dc.identifier.other |
Septi Maritza |
|
dc.identifier.uri |
http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/4801 |
|
dc.description.abstract |
Septi Maritza. Judul Skripsi “Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning
Menggunakan Aplikasi Quizizz Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi
Peserta Didik”. Penyusun skripsi ini di bawah bimbingan Dr. Adi Maladona, S.Pd.,
M.Pd., sebagai Pembimbing I dan Endang Hardi, Drs., M.Pd., sebagai Pembimbing
II.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan berpikir tingkat tinggi yang masih
rendah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Adakah Pengaruh Penerapan
Model Problem Based Learning Menggunakan Aplikasi Quizizz Terhadap
Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik. Penelitian dilakukan pada
bulan Januari-Juni 2024 di kelas XI-7 SMA Negeri 2 Banjar. Metode yang
digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen semu (Quasi
Eksperimental). Desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest Posttest. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas XI SMA
Negeri 2 Banjar yang mengambil mata pelajaran biologi yang terdiri dari enam
kelas dengan jumlah peserta didik 213. Sampel pada penelitian adalah kelas XI-7
SMA Negeri 2 Banjar. Anggota populasi pada penelitian ini terdiri dari satu kelas
dengan jumlah 33 peserta didik. Instrumen yang digunakan yaitu berupa tes tertulis
dalam bentuk soal pilihan ganda (PG). Data hasil penelitian ini dianalisis secara
statistik dengan menggunakan uji Z. Hasil penelitian menunjukkan adanya
Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Menggunakan
Aplikasi Quizizz Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik pada
materi sistem gerak pada manusia. Hal ini ditunjukan dengan peningkatan
kemampuan berpikir tingkat tinggi dinilai dengan rata-rata 0,60 dengan data
berdistribusi normal dan uji hipotesis statistik diterima. Berdasarkan perhitungan
uji Z diketahui bahwa Zhitung ≥ Ztabel dimana nilai Zhitung 2,14 ≥ Ztabel 1,65. Sehingga
dapat disimpulkan model Problem Based Learning berbasis media Quizizz terhadap
kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik pada Materi Sistem Gerak pada
Manusia. |
en_US |
dc.description.sponsorship |
Maladona, Adi; Hardi, Endang |
en_US |
dc.language.iso |
en |
en_US |
dc.publisher |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
en_US |
dc.subject |
Prolem Based Learning, Quizizz, Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) |
en_US |
dc.title |
Pengaruh Penerapan Model Prolem Based Learning Menggunakan Aplikasi Quizizz Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik |
en_US |
dc.type |
Thesis |
en_US |