Unigal Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Menggunakan Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia (Penelitian pada siswa kelas XI IPA di SMAN 1 Kawali)

Show simple item record

dc.contributor.author Wulandara, Wulandara
dc.date.accessioned 2024-08-19T01:30:02Z
dc.date.available 2024-08-19T01:30:02Z
dc.date.issued 2024-08-16
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/4792
dc.description.abstract Wulandara. Judul Skripsi “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Menggunakan Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia”. Penyusunan skripsi ini dibawah bimbingan Taupik Sopyan, S.Pd.M.Si. sebagai Pembimbing I dan Dr. H.Awang Kustiawan,Drs.M.M. sebagai Pembimbing II. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan literasi sains siswa yang masih rendah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning menggunakan media audio visual terhadap kemampuan literasi sains siswa pada materi sistem pernapasan manusia. Waktu penelitian pada bulan Mei 2023. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA di SMAN 1 Kawali. Anggota populasi terdiri dari satu kelas dengan jumlah 34 siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah One Grup Pretest Posttest Desigen. Instrument yang digunakan berupa tes tertulis dalam bentuk soal essai yang mengacu pada indikator literasi sains. Data hasil penelitian dianalisis secara statistik dengan uji normalitas dan uji hipotesis menggunakan uji Z. Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh model pembelajaran problem based learning menggunakan media audio visual terhadap kemampuan literasi sains siswa pada materi sistem pernapasan manusia. Hal ini ditunjukan dengan data berdistribusi normal dan uji hipotesis diterima. Berdasarkan perhitungan uji Z diketahui bahwa Zhitung ≥ Ztabel dimana nilai Zhitung 3,57 ≥ Ztabel 2,33. Sehingga dapat disimpulkan model pembelajaran problem based learning menggunakan media audio visual berpengaruh sangat signifikan terhadap kemampuan literasi sains siswa pada materi sistem pernapasan manusia. en_US
dc.description.sponsorship Taupik Sopyan, Awang Kustiawan en_US
dc.language.iso en en_US
dc.publisher Pendidikan Biologi / FKIP
dc.subject Kemampuan Literasi Sains, Model Problem Based Learning, Audio Visual en_US
dc.title Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Menggunakan Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia (Penelitian pada siswa kelas XI IPA di SMAN 1 Kawali) en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account